Tautan-tautan Akses

Kurdi Irak Hentikan Ekspor Minyak


Presiden Kurdistan Masoud Barzani (Foto: dok). Kurdistan adalah sebuah wilayah semi-otonomi di bagian utara Irak yang dihuni oleh etnis Kurdi.

Presiden Kurdistan Masoud Barzani (Foto: dok). Kurdistan adalah sebuah wilayah semi-otonomi di bagian utara Irak yang dihuni oleh etnis Kurdi.

Daerah otonom Kurdi Irak telah menghentikan ekspor minyak, dan menuduh pemerintah pusat di Baghdad gagal membayar perusahaan-perusahaan minyak yang bekerja di daerah kaya minyak.

Kementerian Sumberdaya Alam Kurdistan mengatakan hari Minggu bahwa belum ada pembayaran selama 10 bulan ini. Tetapi, para pejabat di Baghdad mengatakan telah menyetujui pebayaran lebih dari 500 juta dolar dan sedang menunggu surat-suratnya yang terakhir.

Perselisihan antara Baghdad dan Kurdistan, yang sudah menjadi daerah otonom sejak tahun 1991 dan mempunyai pemerintah dan angkatan bersenjata sendiri, berpangkal pada kekuasaan atas ladang minyak dan pemasukan di Utara.

Para anggota parlemen Irak masih merundingkan undang-undang minyak nasional yang dimaksudkan untuk menciptakan kerangka hukum yang lebih kuat bagi perusahaan-perusahaan yang bekerja di negara OPEC itu.

Ketegangan antara pemimpin Kurdi dan Baghdad juga telah meningkat pada front politik.

Bulan Desember, pejabat Suni tertinggi Irak, Wakil Presiden Tareq al-Hashemi, melarikan diri ke Kurdistan untuk menghindarkan surat penangkapan. Pemerintah Baghdad yang dipimpin Shiah telah menuduhnya memimpin komplotan pembunuh, tuduhan yang telah dibantahnya. Para pejabat Kurdi telah menolak permohonan Baghdad untuk menangkap Hashemi atau menyerahkannya.

Dalam langkah yang kemungkinan akan memperuncing keadaan yang sudah tegang, Hashemi meninggalkan Irak hari Minggu menuju Qatar yang mayoritas Sunni itu. Ia diperkirakan akan tinggal disana selama beberapa hari ini.
XS
SM
MD
LG