Tautan-tautan Akses

Kurdi Minta Dukungan Lebih Besar untuk Lawan ISIS


Para pejuang Kurdi saat bertempur melawan militan ISIS (foto: dok).

Para pejuang Kurdi saat bertempur melawan militan ISIS (foto: dok).

Demonstran pro Kurdi Selasa (7/10) menyerukan dukungan yang lebih besar bagi pejuang Kurdi dari pemerintah Turki sampai Perancis.

Amerika menyebut serangan udara dekat Kobani kota perbatasan Suriah “berguna” untuk melawan serbuan ISIS, sementara demonstran pro Kurdi meminta dukungan yang lebih besar dari pemerintah-pemerintah mulai dari Turki sampai Perancis.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Jen Psaki hari Selasa (7/10) mengatakan serangan-serangan itu membantu mengalahkan militan radikal yang mengepung Kobani yang juga disebut Ayn al-Arab.

Presiden Turki mengatakan Kobani hampir jatuh ke tangan ISIS setelah hampir tiga minggu pertempuran dengan pejuang Kurdi tidak menunjukkan tanda-tanda berakhir hari Selasa.

Presiden Recep Tayyip Erdogan memperingatkan bahwa kelompok militan itu akan menguasai wilayah di perbatasan Suriah-Turki itu kecuali dikirim tentara melawan serangan tersebut.

Utusan PBB yang baru untuk Suriah Staffan de Mistura hari Selasa menuntut tindakan secepatnya dan “nyata” dari masyarakat internasional.

XS
SM
MD
LG