Tautan-tautan Akses

AS

Kunjungi Jakarta, Menlu AS Akan Desak Aksi Bagi Perubahan Iklim


Menteri Luar Negeri AS John Kerry saat melihat pembuatan mesin di pabrik Foton Cummins Engine di Beijing (14/2).

Menteri Luar Negeri AS John Kerry saat melihat pembuatan mesin di pabrik Foton Cummins Engine di Beijing (14/2).

John Kerry antara lain akan menekankan bahwa perubahan iklim bisa berdampak membahayakan bagi negara-negara kepulauan seperti Indonesia.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry sedang berada di Jakarta, di mana ia berencana menyampaikan pidato penting Minggu (16/2) mengenai perubahan iklim dan kemungkinan dampaknya terhadap Asia.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan Kerry berencana bicara tentang apa yang disebutnya kasus ilmiah yang meyakinkan dan tak terbantahkan bahwa bumi semakin panas dan menuju ke titik yang tak bisa diperbaiki.

Ia akan menekankan bahwa ini adalah masalah global yang membutuhkan solusi global. Planet yang semakin panas berarti naiknya permukaan air laut yang bisa berdampak membahayakan bagi negara-negara kepulauan seperti Indonesia.

Kerry tiba di Indonesia Sabtu dari China, tempat ia membicarakan tentang pemanasan global dan masalah-masalah lain dengan Presiden Xi Jinping. Keduanya mengeluarkan pernyataan bersama mengakui perlunya apa yang mereka sebut tindakan segera guna memerangi perubahan iklim dan bekerjasama untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Banyak ilmuwan percaya pembakaran bahan bakar fosil di mobil dan pabrik-pabrik merupakan penyebab utama pemanasan global. Amerika dan China adalah dua pencemar terbesar di dunia.

Indonesia merupakan perhentian terakhir dalam lawatan Kerry selama enam hari ke Asia. Sebelumnya, Kerry ke China dan Seoul, Korea Selatan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG