Tautan-tautan Akses

Kuburan Bobby Fischer Digali Untuk Periksa DNA


Pada foto yang diambil tahun 2005 ini, Bobby Fischer terlihat di Jepang.

Pada foto yang diambil tahun 2005 ini, Bobby Fischer terlihat di Jepang.

Contoh lapisan tubuh sang juara dunia catur ini akan menentukan apakah ia ayah seorang anak perempuan, yang tinggal di Filipina.

Pihak berwenang di Islandia mengatakan mereka telah menggali jenazah mantan juara catur dunia Bobby Fischer untuk menyelesaikan klaim bahwa ia ayah seorang anak.

Polisi mengatakan pada hari Senin, jenazah Fischer dikeluarkan dari kuburan di kota Selfoss, Islandia selatan. Seorang dokter dan seorang pastor hadir ketika jenazah Fischer digali.

Dalam keputusannya bulan lalu, Mahkamah Agung di Reykjavik, ibukota Islandia, sependapat bahwa contoh lapisan tubuh mungkin diperlukan untuk menentukan apakah Fischer ayah seorang anak perempuan berusia sembilan tahun yang tinggal di Filipina.

Seorang wanita, yang pernah lama sebagai teman dekat Fischer, adalah ibu anak perempuan tersebut. Perempuan tersebut mengatakan uang yang dikirim Fischer menghidupi mereka selama bertahun-tahun sebelum ia meninggal, dan bahwa Fischer adalah ayah dari putrinya itu.

Fischer meninggal dunia di Islandia pada bulan Januari tahun 2008 pada usia 64 tahun. Ia tidak meninggalkan surat wasiat, dan kalau Fischer nanti terbukti ayah anak perempuan tadi, ini dapat menggulirkan tuntutan akan harta peninggalannya yang diyakini bernilai jutaan dolar.

XS
SM
MD
LG