Tautan-tautan Akses

Kubu Obama akan Saksikan Penghitungan Suara Pilpres di Chicago

  • Made Yoni

Presiden Barack Obama (kiri) memilih lebih awal di kota Chicago, Illinois (25/10). Kota Chicago akan menjadi markas kubu Obama menyaksikan penghitungan suara pilpres Selasa (6/11) malam.

Presiden Barack Obama (kiri) memilih lebih awal di kota Chicago, Illinois (25/10). Kota Chicago akan menjadi markas kubu Obama menyaksikan penghitungan suara pilpres Selasa (6/11) malam.

Kota Chicago di negara bagian Illinois, kota asal Presiden Barack Obama kembali menjadi markas kubu Obama menyaksikan penghitungan suara malam setelah pemilu.

Presiden Barack Obama bersama pendukungnya esok malam akan mengadakan rally untuk menyaksikan hasil perolehan suara pemilu di McCormick Place, kawasan selatan kota Chicago. Berbagai persiapan pengamanan dilakukan di lokasi yang juga digunakan sebagai pusat konvensi ini, sejumlah media nasional tampak bersiap meliput acara ini, sementara warga Chicago antusias menantikan hari Pemilu.

Sebagian dari pemilih terdaftar yang berdasarkan data Dewan Komisisaris Pemilu kota Chicago berjumlah 1.274.736 telah memberikan suara lebih awal, salah seorang diantaranya adalah pejabat TPS yang bertindak sebagai hakim di wilayah pemilihan 4 di kota Chicago, Dorsee Boyle.

"Saya memilih lebih awal, sebagian besar para hakim TPS melakukannya, karena di negara bagian Illinois dimungkinkan. Karena saya lebih suka berada di tempat tugas sepanjang hari, saya memilih lebih awal," kata Boyle.

Meskipun antusias menantikan hari pemilu dan hasil pemilu seorang warga Chicago, Marveen Dee yang juga menyaksikan gegap gempita kemenangan Obama empat tahun lalu di Grant Park,Chicago, mengatakan khawatir akan kemungkinan kemacetan lalu lintas esok malam ketika Presiden Obama menggelar acara di McCormick Plaza. .

"Saya harus bekerja besok malam, saya khawatir akan lalu lintas di wilayah saya karena ia tinggal 4-5blok dari sini jadi daerah saya mungkin akan akan tertutup," ujar Marveen.

Sementara itu, seorang mahasiwa Columbia College, Charlie Markiech mengatakan semua orang sangat antusias menyambut esok malam dan sebagian besar mahasiswa di perguruan tingginya cenderung memilih Obama.

Chicago dan negara bagian Illinois dalam 5 pemilu terakhir telah memenangkan Partai Demokrat dan hingga kini masih dipandang sebagai kota dan negara bagian pendukung terkuat President Obama. Pada tahun 2008 Presiden Obama menang mudah di negara bagian Illinois dengan perolehan suara 62 persen sementara lawannya John McCain hanya memperoleh 37 persen suara.
XS
SM
MD
LG