Tautan-tautan Akses

Kuba Tahan 4 Warga AS atas Dugaan 'Aksi Teroris'


Luis Posada Carriles, aktivis anti Kuba (foto: dok). Kuba mengaitkan 4 warga AS yang ditahan dengan Carriles.

Luis Posada Carriles, aktivis anti Kuba (foto: dok). Kuba mengaitkan 4 warga AS yang ditahan dengan Carriles.

Kuba mengatakan telah menahan empat warga AS dari negara bagian Florida, atas dugaan merencanakan “aksi teroris” di negara itu.

Dalam pernyataan di suratkabar Granma milik Partai Komunis, Kementerian Dalam Negeri Kuba mengatakan ke-empat laki-laki itu berencana menyerang sejumlah fasilitas militer Kuba.

“Sejak pertengahan 2013,” kata pihak berwenang Kuba, tiga dari ke-empat orang dari komunitas orang Kuba yang mengasingkan diri di Florida tersebut “berulang kali datang ke negara pulau itu untuk mempelajari dan melaksanakan rencana mereka.”

Kuba mengaitkan para tersangka itu dengan aktivis anti-Kuba Luis Posada Carriles. Carriles dituduh berada dibalik serangkaian serangan atas Kuba dan beberapa negara Amerika Latin lainnya, termasuk serangan bom terhadap sebuah pesawat penumpang Kuba dalam penerbangan menuju Havana tahun 1976, yang menewaskan 78 orang. Namun, Carriles berkeras bahwa ia tidak bersalah.

Kuba mengatakan telah meminta pihak berwenang Amerika untuk ikut menyelidiki. Pejabat di Divisi Kepentingan Amerika – yang mewakili Amerika di Kuba karena kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik – belum berkomentar.
XS
SM
MD
LG