Tautan-tautan Akses

Kuba Siapkan Pendaratan Penerbangan Komersial Pertama dari AS


Sebuah pesawat maskapai American Airlines siap mendarat di bandara Jose Marti di Havana, Kuba (foto: dok).

Sebuah pesawat maskapai American Airlines siap mendarat di bandara Jose Marti di Havana, Kuba (foto: dok).

Kuba mempersiapkan pendaratan penerbangan komersial pertama Amerika di negara itu selama lebih dari lima dekade, langkah terbaru dalam menormalkan hubungan antara kedua negara.

Pimpinan Lembaga Penerbangan Sipil Kuba, Alfredo Cordero, mengatakan Kuba akan siap untuk penerbangan minggu ini serta gelombang kedatangan penerbangan-penerbangan Amerika yang diperkirakan akan meningkat sampai 110 per hari dalam beberapa tahun mendatang.

“Kami sudah berhasil mempersiapkan personil dan memperoleh akses sumber daya yang diperlukan, kami sekarang bisa memastikan telah memenuhi tingkat keamanan yang dituntut oleh standar penerbangan sipil internasional, kata Cordero.

Wakil Menteri Transportasi Eduardo Rodriguez mengulangi komentar-komentar itu dengan mengatakan “bandara-bandara Kuba selama beberapa tahun lalu secara sistematis telah mempersiapkan diri menerima peningkatan wisata ke Kuba”.

Penerbangan komersial Amerika yang pertama akan dilakukan hari Rabu ketika Jet Blue terbang dari Fort Lauderdale, Florida ke kota Santa Clara, Kuba tengah.

Maskapai penerbangan Amerika lainnya yang berencana untuk melayani penerbangan ke Kuba termasuk American Airlines, Frontier Airlines, Silver Airways, Southwest Airlines dan Sun Country Airlines.


UU Amerika masih melarang sebagian besar wisatawan ke Kuba. Meski demikian Presiden Barack Obama telah memerintahkan pengecualian untuk jenis-jenis perjalanan lainnya termasuk, kunjungan keluarga, kunjungan kerja, kunjungan wartawan dan wisata pendidikan. [my/al]

XS
SM
MD
LG