Tautan-tautan Akses

Kuba Resmi Akui Usaha Kecil dan Menengah


Teknisi perhiasan dan elektronik Gabriel La O memperbaiki sebuah ponsel di dalam toko pemerintah yang ia sewa di Havana, Kuba (24/5). (AP/Desmond Boylan)

Teknisi perhiasan dan elektronik Gabriel La O memperbaiki sebuah ponsel di dalam toko pemerintah yang ia sewa di Havana, Kuba (24/5). (AP/Desmond Boylan)

Pengakuan baru itu mungkin dapat memberi-hak tambahan kepada bisnis seperti mengimpor atau mengekspor barang secara borongan.

Pemerintah Komunis Kuba menyatakan akan mengizinkan berdirinya usaha kecil dan menengah, langkah yang dapat membangun pasar swasta.

Kuba telah melonggarkan larangan-larangan membuka bisnis pada beberapa tahun terakhir, dalam usaha untuk mengurangi pembayaran gaji oleh negara dan memerangi kelesuan ekonomi.

Langkah itu, yang diumumkan dalam dokumen-dokumen Partai Komunis yang diterbitkan Selasa (24/5), akan merupakan impian yang menjadi kenyataan bagi banyak orang yang bekerja sendiri di Kuba yang secara de-facto sudah menjadi pemilik usaha kecil yang memperjakan warga Kuba lainnya.

Presiden Raul Castro mengakui bulan lalu bahwa bisnis semacam itu berjalan “tanpa pengakuan hukum yang diperlukan,” di bawah peraturan yang dimaksudkan hanya untuk usaha kecil milik keluarga.

Para pejabat tingkat rendah sering membasmi bisnis-bisnis yang berhasil karena dipandang melanggar peraturan-peraturan sulit dimengerti tentang bekerja sendiri.

Pengakuan baru itu mungkin dapat memberi-hak tambahan kepada bisnis seperti mengimpor atau mengekspor barang secara borongan. Tetapi tidak disebut secara khusus apa selanjutnya.

Peraturan baru itu tidak akan menjadi undang-undang sampai disetujui oleh Majelis Nasional Kuba, yang dijadwalkan akan mengadakan sidang berikutnya pada bulan Juli. [sp]

XS
SM
MD
LG