Tautan-tautan Akses

Kuba Bebaskan Lagi Seorang Tahanan Politik


Kuba membebaskan para tahanan politik berdasarkan persetujuan dengan pihak Gereja Katholik.

Kuba membebaskan para tahanan politik berdasarkan persetujuan dengan pihak Gereja Katholik.

Eduardo Diaz adalah seorang dari 75 pengritik pemerintah yang ditangkap dalam penindakan tahun 2003.

Kuba telah membebaskan seorang lagi tahanan politik berdasarkan persetujuan dengan Gereja Katholik Kuba. Pihak berwenang hari Jumat membebaskan Eduardo Diaz dan memulangkannya ke rumahnya di sebuah kota sebelah barat Havana, ibukota Kuba.

Diaz adalah seorang dari 75 pengritik pemerintah yang ditangkap dalam penindakan tahun 2003 dan dijatuhi hukuman penjara yang lama.

Tahun lalu, Presiden Raul Castro setuju membebaskan 52 tahanan politik yang ditahan dalam penangkapan tadi. Sebagian besar telah dibebaskan dan diasingkan di Spanyol. Kalau ke-52 tahanan politik itu dibebaskan, ini akan menjadi pembebasan terbanyak tahanan politik dalam tahun-tahun belakangan ini.

Sebelumnya bulan ini, Kuba membebaskan Guido Sigler, yang seperti Diaz, menolak diasingkan ke Spanyol. Seorang jurubicara Gereja mengatakan Sigler telah menyatakan keinginan untuk pergi ke pengasingan di Amerika Serikat.

Kuba telah lama menolak kecaman bahwa mereka memenjarakan tahanan politik, tetapi mengatakan bahwa mereka memenjarakan para “tentara bayaran” yang bekerja bagi Amerika untuk merongrong komunisme Kuba.

XS
SM
MD
LG