Tautan-tautan Akses

Kuba akan Bebaskan 3.500 Tahanan Menjelang Kunjungan Paus Fransiskus


Para tahanan melongok keluar dari sel mereka di penjara Combinado del Este saat media berkunjung, di Havana, Kuba (foto: dok).

Para tahanan melongok keluar dari sel mereka di penjara Combinado del Este saat media berkunjung, di Havana, Kuba (foto: dok).

Pemerintah Kuba mengatakan akan mengampuni dan membebaskan lebih dari 3.500 tahanan untuk menyambut kunjungan Paus Fransiskus ke negara pulau itu bulan ini – amnesti terbesar sejak revolusi tahun 1959 yang dipimpin oleh Fidel Castro yang membentuk pemerintahan komunis di Kuba.

Pengumuman oleh Dewan Negara di Havana hari Jumat ini tidak memberikan isyarat apakah di antara mereka yang dibebaskan itu adalah orang-orang yang dianggap tahanan politik oleh organisasi-organisasi hak asasi manusia Kuba dan internasional. Tapi pengumuman itu menyatakan bahwa tidak akan ada pembebasan awal bagi mereka didakwa terlibat pelanggaran keamanan negara – cap yang sering dikenakan bagi tahanan politik.

Keputusan itu mulai berlaku dan para tahanan akan dibebaskan dalam waktu 72 jam, kata media pemerintah. Ke-3.522 tahanan yang dibebaskan itu termasuk mereka yang berusia di atas 60 tahun atau lebih muda dari 20 yang tidak memiliki catatan kriminal sebelumnya, mereka yang sakit kronis dan para narapidana dengan masa hukuman yang akan berakhir tahun depan.

XS
SM
MD
LG