Tautan-tautan Akses

Kuasa Usaha Suriah di Inggris Membelot


Menteri Luar Negeri Suriah Walid al-Moallem berjanji bahwa pemberontak di Aleppo akan dikalahkan (foto: dok).

Menteri Luar Negeri Suriah Walid al-Moallem berjanji bahwa pemberontak di Aleppo akan dikalahkan (foto: dok).

Kementerian Luar Negeri Inggris hari Senin (30/7) menyatakan bahwa Kuasa Usaha Suriah di London telah menyatakan diri membelot.

Kuasa Usaha Suriah di London itu adalah satu dari sejumlah pejabat tinggi Suriah, termasuk para pejabat militer, yang dalam beberapa pekan belakangan keluar dari pemerintahan Presiden Bashar al-Assad yang terpojok.

Kementerian Luar Negeri Inggris hari Senin menyatakan bahwa Khaled al-Ayoubi memberitahu mereka bahwa ia tidak lagi mewakili pemerintahan Presiden al-Assad.

Berita ini muncul sewaktu pasukan Suriah dan pemberontak terus bentrok di kota Aleppo, Suriah Utara, dengan kedua pihak menyatakan kemenangan.

Pemerintah menyatakan telah merebut distrik Salahhedine dan menimbulkan korban besar di pihak pemberontak. Tetapi pasukan pemberontak menyatakan tidak ada tentara pemerintah berada di distrik tersebut dan pertempuran masih berlangsung.

Menteri Luar Negeri Suriah Walid al-Moallem berjanji bahwa pemberontak di Aleppo akan dikalahkan. Ia mengatakan hal itu dalam kunjungan ke Iran, sekutu regional terkuat Suriah.

Dalam konferensi pers bersama dengan Moallem, Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi mengesampingkan adanya harapan transisi secara damai di Suriah pasca-Assad, seraya menyebutnya sebagai sebuah ilusi.
XS
SM
MD
LG