Tautan-tautan Akses

Pemimpin G7 Awali KTT di Jepang dengan Kunjungi Kuil Ise


Para pemimpin negara berfoto bersama pada hari pertama pertemuan G7 di Ise Shima, Jepang (26/5).

Para pemimpin negara berfoto bersama pada hari pertama pertemuan G7 di Ise Shima, Jepang (26/5).

Perdana Menteri Shinzo Abe menyambut Presiden Amerika Barack Obama dan para pemimpin Inggris, Perancis, Jerman, Italia dan Kanada di Kuil Agung Ise, tempat tersuci dalam agama Shinto Jepang.

Sebagian pemimpin paling berpengaruh di dunia menikmati wisata di Jepang hari Kamis (26/5) sebelum membahas masalah ekonomi, terrorisms dan keamanan maritim.

Para pemimpin dari tujuh negara terkaya dunia ditambah dengan para pemimpin Uni Eropa memulai KTT tahunan mereka di Ise Shima, kota di pesisir Jepang.

Perdana Menteri Shinzo Abe menyambut Presiden Amerika Barack Obama dan para pemimpin Inggris, Perancis, Jerman, Italia dan Kanada di Kuil Agung Ise, tempat tersuci dalam agama Shinto Jepang. Masing-masing pemimpin melintasi jembatan panjang menuju kuil itu, didampingi seorang pendeta berjubah putih, sebelum berkumpul untuk berfoto bersama.

Agenda KTT dua hari G7 itu ditujukan pada upaya memarakkan ekonomi global yang lamban, memberantas terorisme, dan keamanan maritim. Topik terakhir itu mengacu pada meningkatnya ekspansi teritorial China di kawasan kaya sumber daya di Laut China Selatan dengan mengabaikan klaim serupa oleh negara-negara tetangganya di Asia Pasifik.

Setelah KTT berakhir pada hari Jumat, Obama akan bertolak ke Hiroshima, di mana puluhan ribu orang Jepang tewas sewaktu sebuah pesawat tempur Amerika menjatuhkan bom atom pertama di dunia pada tahun 1945, yang memptrcepat berakhirnya Perang Dunia ke-2. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG