Tautan-tautan Akses

KTT G8 Berlangsung di Perancis


Presiden Barack Obama, Presiden Rusia Dmitry Medvedev dan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy melambai kepada publik di kota Deauville, Perancis, tempat berlangsungnya KTT G8.

Presiden Barack Obama, Presiden Rusia Dmitry Medvedev dan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy melambai kepada publik di kota Deauville, Perancis, tempat berlangsungnya KTT G8.

Presiden Obama menggunakan pertemuan G8 untuk menyerukan bantuan internasional bagi reformasi politik dan ekonomi di Afrika Utara dan Timur-Tengah.

KTT Kelompok Delapan sedang berlangsung di Perancis, dengan para kepala negara-negara dengan perekonomian terkemuka di dunia membahas berbagai isu global, termasuk pergolakan yang melanda Timur Tengah dan Afrika Utara.

Presiden Amerika Barack Obama menggunakan pertemuan itu untuk memperkuat seruannya akan bantuan internasional untuk membantu negara-negara di kawasan itu melakukan reformasi politik dan ekonomi.

Salah seorang penasihat ekonomi presiden, David Lipton, memberitahu para wartawan hari Kamis Amerika menganggap pembahasan tentang Timur Tengah dan Afrika Utara sebagai isu penting yang harus dilakukan di KTT itu.

Dia mengatakan para pemimpin G8 akan memulai pembicaraan pada jamuan malam hari Kamis dan bertemu dengan perdana menteri Mesir dan perdana menteri Tunisia serta kepala Liga Arab Jumat pagi. Dia mengatakan para pemimpin G8 akan berkesempatan berdiskusi dengan ketiga wakil kawasan itu tentang rencana dan aspirasi mereka bagi perubahan, dan cara-cara dimana masyarakat internasional bisa membantu.

Dalam pidato kebijakan pekan lalu, Presiden Amerika Barack Obama menguraikan cara Amerika akan memberikan bantuan ekonomi kepada Mesir, Tunisia dan negara-negara lain yang sedang mengalami transisi ke arah demokrasi. Hari Rabu, Uni Eropa mengatakan akan meningkatkan bantuannya kepada 16 negara di Timur Tengah, Afrika negara-negara bekas Uni Soviet. Dikatakan bahwa bantuan tersebut akan dikaitkan dengan kemajuan ke arah demokrasi.

Topik-topik lain yang akan dibahas dalam KTT G8 minggu ini termasuk krisis nuklir Jepang dan perekonomian dunia.

XS
SM
MD
LG