Tautan-tautan Akses

KTT G20: Pemimpin Uni Eropa, Presiden Obama Bahas Ukraina


Suasana ruang pertemuan para pemimpin dunia di KTT G20 di Brisbane, Australia (14/11).

Suasana ruang pertemuan para pemimpin dunia di KTT G20 di Brisbane, Australia (14/11).

Presiden Rusia Vladimir Putih menghadapi kecaman hari Sabtu (15/11) dalam KTT G20 di Brisbane, Australia, dimana peningkatan konflik antara Rusia dan Ukraina mengancam pembicaraan tentang ekonomi global.

Presiden Uni Eropa Herman von Rompuy mengatakan meski konflik Ukraina tidak menjadi agenda dalam KTT G20 ini, tetapi akan menjadi pembahasan Presiden Amerika Barack Obama dan para pemimpin Uni Eropa menjelang keputusan blok negara-negara Eropa itu untuk memberi sanksi lebih keras terhadap Rusia.

Dalam pidato di Universitas Brisbane, Presiden Obama mengatakan Amerika memimpin sikap menentang agresi Rusia terhadap Ukraina yang digambarkan sebagai “ancaman pada dunia”.

Obama merujuk pada penembakan pesawat Malaysia Airlines MH17 tanggal 17 Juli lalu dengan misil yang diduga ditembakkan oleh kelompok separatis pro-Rusia di Ukraina Timur. Insiden itu menewaskan 298 orang, termasuk 38 warga Australia.

Presiden Uni Eropa Herman von Rompuy mendesak kedua pihak untuk mematuhi perjanjian gencatan senjata antara Ukraina dan kelompok separatis pro-Rusia yang ditandatangani di Minks – Belarus bulan September lalu.

Von Rompuy menambahkan Rusia harus menggunakan pengaruhnya atas kelompok separatis di Ukraina Timur untuk memastikan agar mereka mematuhi perjanjian di Minsk itu/ menghentikan arus senjata dan tentara dari Rusia, serta menarik seluruh pasukan Rusia yang sudah berada di Ukraina.

XS
SM
MD
LG