Tautan-tautan Akses

KTT G-20 Dibayangi Kemungkinan Serangan Barat di Suriah


Presiden AS Barack Obama turun dari pesawat kepresidenan setibanya di St.Petersburg, Rusia untuk menghadiri pertemuan G-20, Kamis (5/9).

Presiden AS Barack Obama turun dari pesawat kepresidenan setibanya di St.Petersburg, Rusia untuk menghadiri pertemuan G-20, Kamis (5/9).

Perdebatan mengenai perang saudara Suriah dan kemungkinan serangan militer Amerika disana diperkirakan akan membayangi pertemuan para pemimpin dunia di Rusia, Kamis (5/9).

Presiden Amerika Barack Obama telah tiba di Rusia untuk menghadiri pertemuan dengan para pemimpin dunia yang diperkirakan akan dibayangi oleh debat mengenai kemungkinan serangan militer Amerika terhadap Suriah.

Krisis Suriah tidak termasuk dalam agenda resmi pembicaraan KTT ekonomi sedunia Kelompok-20 selama dua hari di Saint Petersburg itu, tetapi para pemimpin diperkirakan akan membicarakannya di sela-sela pertemuan resmi.

Presiden Amerika Barack Obama sedang berusaha memperoleh dukungan yang lebih luas, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, untuk serangan militer terhadap pemerintah Suriah karena dituduh menggunakan senjata kimia terhadap kaum sipil.

Sehari sebelum KTT G-20 itu, sebuah komisi Senat Amerika menyetujui rencana serangan terbatas yang berlangsung tidak lebih dari 90 hari. Rancangan itu masih harus disetujui kedua majelis paripurna Kongres.

Obama mengatakan hari Rabu (4/9) kredibilitas masyarakat internasional sedang dipertaruhkan apabila tidak menanggapi tindakan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Rusia, pemasok utama senjata Suriah, dan China sudah menjatuhkan veto atas tiga resolusi Dewan Keamanan PBB yang akan menghukum pemerintah Presiden Assad.
XS
SM
MD
LG