Tautan-tautan Akses

KTT Eropa-Asia di Milan Bahas Ukraina, Ekonomi Global


Para pemimpin Asia dan Eropa berpose bersama pada pembukaan KTT di Milan, Italia Kamis (16/10).

Para pemimpin Asia dan Eropa berpose bersama pada pembukaan KTT di Milan, Italia Kamis (16/10).

Para pemimpin dari lebih 50 negara dari Asia dan Eropa menghadiri KTT dua hari mulai Kamis (16/10) di Milan Italia, dengan agenda utama Ukraina.

KTT dua hari para pemimpin lebih dari 50 negara dari Asia dan Eropa dibuka hari Kamis (16/10) di Italia, dengan agenda utama Ukraina.

Pertemuan di Milan merupakan pertemuan ke-10, yang akan memusatkan perhatian pada isu-isu ekonomi gobal dan terorisme.

Setibanya disana, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan Rusia harus memastikan gencatan senjata antara pasukan Ukraina dan kelompok separatis pro-Moskow di Ukraina bagian timur yang bertahan.

“Ini jelas tugas utama Rusia untuk memastikan rencana Minsk dipatuhi. Sayangnya, masih banyak kekurangan tapi oleh karenanya penting diupayakan sebuah dialog dalam pertemuan ini,” ujar Merkel.

Presiden Rusia Vladimir Putin akan bertemu dengan mitranya dari Ukraina, Petro Poroshenko, dan para pemimpin Eropa lainnya di Milan, hari Jumat.

Presiden Rusia mengadakan pembicaraan terpisah dengan Kanselir Merkel untuk memastikan lancarnya pasokan gas alam ke Eropa. Rusia mengurangi pasokan gas alam ke Ukraina bulan Juni, dan mengancam mengurangi pengiriman ke Eropa mendekati musim dingin.

XS
SM
MD
LG