Tautan-tautan Akses

KTT di London Kecam Penculikan oleh Boko Haram


Angelina Jolie dan Menlu Inggris William Hague menjadi tuan rumah bersama KTT di London (12/6).

Angelina Jolie dan Menlu Inggris William Hague menjadi tuan rumah bersama KTT di London (12/6).

Nigeria dan beberapa negara tetangga Afrika menyebut 200 lebih siswi sekolah yang diculik oleh militan Boko Haram merupakan "contoh keji dari bencana kekerasan seksual."

Pejabat-pejabat dari Benin, Kamerun, Chad, Niger dan Nigeria bergabung dalam sela-sela KTT global di London Kamis (12/6) untuk mengakhiri kekerasan seksual dalam perang.

Tuan rumah penyelenggara konferensi, aktris Angelina Jolie, mengatakan anggapan bahwa perkosaan tidak dapat dihindari dalam perang adalah mitos. Ia menyebutnya itu merupakan “senjata” lain yang digunakan untuk menyiksa dan mempermalukan.

Menteri Luar Negeri Inggris William Hague, yang juga tuan rumah KTT itu, mengatakan para peserta bertujuan "memberantas budaya kebal hukum" dalam kekerasan seksual. Ia menambahkan sebagian dari pihak yang bersalah telah dihukum.

William Hague bertekad Inggris memberi bantuan lebih banyak dalam mencari siswi-siswi Nigeria yang diculik. Ia mengatakan Inggris ingin memastikan Boko Haram gagal dalam "misi jahatnya" untuk melarang anak-anak perempuan bersekolah.
XS
SM
MD
LG