Tautan-tautan Akses

KTT Brussels Bicarakan Eksistensi Uni Eropa


Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso (kanan) dan Perdana Menteri Sementara Yunani Panagiotis Pikrammenos (dua dari kiri) menuju ruang rapat informal para pemimpin Uni Eropa di Brussels (23/5).

Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso (kanan) dan Perdana Menteri Sementara Yunani Panagiotis Pikrammenos (dua dari kiri) menuju ruang rapat informal para pemimpin Uni Eropa di Brussels (23/5).

Fokus Uni Eropa dalam KTT Brussels telah bergeser dari kebijakan penghematan ke pro-pertumbuhan ekonomi.

Para pemimpin 27 negara anggota Uni Eropa akan berkumpul di Brussels hari ini untuk mengadakan pertemuan puncak guna menyelesaikan krisis hutang yang mengancam eksistensi Uni Eropa.

Fokus Uni Eropa telah bergeser dari kebijakan penghematan ke pro-pertumbuhan sejak terpilihnya Francois Hollande dari partai Sosialis untuk menjadi presiden Perancis, dan kemacetan politik di Yunani, dimana rakyat menolak partai-partai politik yang menyetujui pemotongan anggaran yang berat sebagai imbalan paket dana talangan. Pengaruh Hollande bertentangan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, yang telah memimpin usaha penghematan sejak krisis hutang mulai.

Menjelang pertemuan puncak itu, Parlemen Eropa menyetujui program percontohan yang akan menggunakan hampir 300 miliar dolar dari obligasi proyek dalam tahun 2012 dan 2013 untuk membiayai kira-kira 5,8 miliar dolar proyek investasi.

Presiden Uni Eropa Herbert Van Rompuy mengatakan ketiadaan gagasan tidak dapat diterima untuk forum hari Rabu, dan bahwa solusi jangka panjang hendaknya dijajaki.

Di antara gagasan yang diperkirakan akan diajukan adalah penerbitan Eurobonds atau obligasi Euro, dimana negara-negara Eropa yang lebih kaya akan menjamin biaya pinjaman negara-negara yang mengalami kesulitan. Merkel menentang kuat Eurobonds, sikap yang didukung oleh Findlandia, Belanda, dan Austria.

Tetapi, tidak ada keputusan besar diperkirakan akan diambil sampai pertemuan puncak berikut bulan Juni, tidak lama setelah terselenggaranya pemilu babak baru Yunani.
XS
SM
MD
LG