Tautan-tautan Akses

KTT ASEAN Bahas Meningkatnya Ketegangan di Laut China Selatan


Para Menteri Luar Negeri dan perwakilan dari negara-negara anggota ASEAN di KTT ke-24 ASEAN di Naypyitaw, Myanmar (10/5).

Para Menteri Luar Negeri dan perwakilan dari negara-negara anggota ASEAN di KTT ke-24 ASEAN di Naypyitaw, Myanmar (10/5).

Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luong Minh mengatakan, sengketa Laut Cina Selatan akan menjadi agenda utama dalam KTT tahunan ASEAN yang baru pertama kalinya diadakan di Myanmar.

Meningkatnya ketegangan di Laut Cina Selatan diperkirakan menjadi satu di antara pokok pembicaraan pada KTT tahunan ASEAN di Myanmar. Keamanan di ibukota Myanmar, Naypyitaw diperketat, pada saat para kepala pemerintahan negara-negara ASEAN berdatangan untuk menghadiri KTT yang baru pertama kalinya diselenggarakan di negara itu.

Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luong Minh mengatakan, sengketa Laut Cina Selatan akan menjadi agenda utama. Ia menambahkan, ASEAN juga akan berharap sudah dapat meluncurkan Pasar Bersama.

China terlibat insiden maritim dengan Vietnam dan Filipina, keduanya anggota ASEAN. Awal pekan ini Filipina menangkap 11 nelayan China karena menangkap ikan di dekat kepulauan Spratly yang disengketakan. Kepolisian Filipina menampik tuntutan China agar melepaskan nelayannya itu.

China mengklaim seluruh Laut Cina Selatan. Dan klaimnya itu tumpang-tindih dengan klaim serupa oleh Vietnam, Brunei, Malaysia, Filipina dan Taiwan.
XS
SM
MD
LG