Tautan-tautan Akses

KTT APEC Berfokus pada Keamanan Pangan


Para pemimpin yang menghadiri KTT APEC di Vladivostok, Rusia, tampak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kedua dari kiri di barisan depan (foto: 9/9).

Para pemimpin yang menghadiri KTT APEC di Vladivostok, Rusia, tampak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kedua dari kiri di barisan depan (foto: 9/9).

Saat membuka pembicaraan hari terakhir KTT APEC, Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut keamanan pangan adalah salah satu persoalan paling mengkhawatirkan sekarang,

Para pemimpin yang mewakili 21 negara Asia Pasifik bertemu di kota pelabuhan Vladivostok, Rusia Timur memusatkan perhatian pada keamanan pangan pada hari kedua konferensi mereka. Pembicaraan hari Sabtu membahas cara-cara meningkatkan pertumbuhan global dengan melenyap rintangan perdagangan.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut keamanan pangan adalah salah satu persoalan paling mengkhawatirkan saat ini. Hal itu dikatakan Putin ketika dia membuka pembicaraan hari terakhir dalam KTT Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik, di mana pertemuan bilateral di sela-sela KTT tersebut hampir sama pentingnya dengan pertemuan-pertemuan kelompok.

Hari Minggu Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton berbicara dengan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengenai situasi di Burma, khususnya pergolakan di negara bagian Rakhine, dan isu-isu wilayah mengenai sejumlah daerah di Laut Cina Selatan

Menteri Clinton juga bertemu dengan Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak meninjau upaya-upaya agar pemimpin baru Korea Utara Kim Jong Un mengatasi keprihatinan mengenai nuklir , dan perlunya meredakan ketegangan di Laut Cina Timur.

Laut Cina Timur juga terutama menjadi bahan pembicaraan Menteri Clinton dengan wakil dari Taiwan, Lien Chan. Keduanya juga membahas pembukaan kembali pasar Taiwan untuk daging sapi Amerika, dan masalah-masalah ekonomi dan perdagangan lainnya.
XS
SM
MD
LG