Tautan-tautan Akses

Kroasia Tandatangani Perjanjian Gabung dengan Uni Eropa


Kroasia akan secara resmi menjadi negara ke-28 yang bergabung dengan Uni Eropa bulan Juli tahun 2013.

Kroasia akan secara resmi menjadi negara ke-28 yang bergabung dengan Uni Eropa bulan Juli tahun 2013.

Kroasia akan menjadi anggota ke-28 Uni Eropa Juli 2013 setelah menandatangani perjanjian, yang sejak lama ditunggu, untuk bergabung dengan blok itu.

Perjanjian itu ditandatangani hari Jumat di Brussels, dan terjadi setelah enam tahun perundingan keanggotaannya yang mencakup janji Kroasia untuk memberantas korupsi. Keanggotaannya masih harus diratifikasi ke-27 negara Uni Eropa dan Kroasia.

Sementara itu, pemimpin Uni Eropa menunda sampai Maret keputusan memberi Serbia status calon anggota Uni Eropa, langkah penting menuju keanggotaan penuh. Blok itu menyebut alasan keprihatinan lantaran hubungan tegang Beograd dengan Kosovo, bekas provinsinya yang menyatakan kemerdekaan tahun 2008.

Serbia berharap mendapat status kandidat setelah mengekstradisi puluhan tersangka penjahat perang yang terakhir awal tahun ini.

Kroasia akan menjadi negara kedua dari enam republik bekas Yugoslavia yang bergabung dengan Uni Eropa setelah Slovenia, yang menjadi anggota tahun 2004. Semua negara lain dari bekas Yugoslavia: Bosnia, Kosovo, Macedonia, Montenegro dan Serbia, sedang mengupayakan keanggotaan.

XS
SM
MD
LG