Tautan-tautan Akses

Kroasia Langsungkan Pemilu Presiden Babak Kedua


Presiden Kroasia Ivo Josipovic memasukkan surat suaranya ke dalam kotak suara di sebuah TPS di Zagreb, Kroasia, 28 Desember 2014 (Foto: dok).

Presiden Kroasia Ivo Josipovic memasukkan surat suaranya ke dalam kotak suara di sebuah TPS di Zagreb, Kroasia, 28 Desember 2014 (Foto: dok).

Kedua kandidat memperoleh suara hampir sama banyak dalam putaran pertama pemilu dua pekan lalu, dengan Presiden Ivo Josipovic unggul satu persen atas tokoh konservatif Kolinda Grabar-Kitarovic.

Rakyat Kroasia memberikan suara mereka hari Minggu dalam pemilu babak kedua yang menunjukkan persaingan ketat antar Presiden Ivo Josipovic yang liberal and tokoh konservatif Kolinda Grabar-Kitarovic.

Kedua kandidat memperoleh suara hampir sama banyak dalam putaran pertama pemilu dua pekan lalu, dengan Josipovic unggul satu persen atas Grabar-Kitarovic.

Josipovic dalam pidato di hadapan para pendukungnya menghimbau agar rakyat Kroasia menggunakan hak konstitusi mereka dengan datang ke TPS-TPS untuk memilih kandidat yang mereka yakini lebih baik. Meski demikian, ia mengatakan, ia memperkirakan akan meraih kemenangan.

Presiden Kroasia adalah jabatan seremonial, namun masih memiliki pengaruh besar dalam isu-isu kebijakan luar negeri dan pertahanan.

Kroasia dan pemerintahnya yang cenderung berhaluan kiri menghadapi kritikan karena gagal bangkit dari kesulitan ekonomi.

Negara itu telah mengalami resesi selama enam tahun dan mencatat tingkat pengangguran sekitar 20 persen.

XS
SM
MD
LG