Tautan-tautan Akses

Kroasia Jadi Anggota Terbaru Uni Eropa


Bendera Kroasia (kanan) dan bendera Uni Eropa berkibar di pusat kota Zagreb, Kroasia, Minggu (30/6).

Bendera Kroasia (kanan) dan bendera Uni Eropa berkibar di pusat kota Zagreb, Kroasia, Minggu (30/6).

Kroasia menjadi negara blok Eropa Timur pertama yang menjadi anggota Uni Eropa sejak Bulgaria dan Rumania pada 2007.

Puluhan ribu orang di seluruh Kroasia merayakan bergabungnya negara itu menjadi anggota ke-28 Uni Eropa.

Kembang api menghiasi angkasa saat keanggotaan itu resmi berlaku pada tengah malam. Di perbatasan-perbatasan Kroasia dengan negara-negara anggota lain, pihak berwenang mulai memasang tanda-tanda Uni Eropa dan membongkar pos-pos pabean.

Lebih dari 100 pejabat negara-negara Eropa menghadiri acara di alun-alun utama Zagreb.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry menyampaikan ucapan selamat kepada Zagreb dan mengatakan sudah waktunya untuk “menghormati Kroasia dan banyak pencapaian warganya.”

Negara berpenduduk 4,4 juta orang itu baru merupakan negara kedua dari tujuh negara pecahan Yugoslavia yang bergabung dengan UE, menyusul Slovenia pada 2004. Kroasia merupakan tambahan pertama dalam blok Eropa Timur sejak Bulgaria dan Rumania bergabung dengan UE pada 2007.

Hal ini merupakan tonggak sejarah dalam pemulihan Kroasia dari perang 1991-95 untuk merebut kemerdekaan yang menewaskan sekitar 20.000 orang.

Namun perayaan-perayaan tersebut dibayangi kekhawatiran-kekhawatiran soal ekonomi. Ekonomi Kroasia yang berorientasi pariwisata telah mengalami resesi atau stagnan dalam empat tahun terakhir.

Data-data UE menunjukkan bahwa negara itu, dengan tingkat pengangguran sekitar 20 persen, saat ini ada di antara negara-negara termiskin di blok tersebut.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG