Tautan-tautan Akses

Kroasia Adakan Lagi Pemilu Dini


Para memilih memeriksa kertas suara mereka di TPS (11/9). Zagreb, Kroasia. (foto: AP Photo/Darko Bandic)

Para memilih memeriksa kertas suara mereka di TPS (11/9). Zagreb, Kroasia. (foto: AP Photo/Darko Bandic)

Kroasia untuk kali kedua dan kurang dari setahun mengadakan pemilu dini untuk memilih pemerintahan yang baru.

Untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari setahun, Kroasia mengadakan pemilu dini untuk memilih pemerintahan baru hari ini.

Hasil jajak pendapat orang-orang yang baru mencoblos memberi indikasi hasil yang hampir berimbang antara para calon, yang kemungkinan akan menghasilkan parlemen baru yang menurut beberapa analis dapat merupakan pemerintahan yang hampir tidak dapat berfungsi.

TPS-TPS buka Minggu pagi. Hasil awal diperkirakan akan keluar petang harinya.

Berita mengenai pemilu dini bagi anggota terbaru Uni Eropa itu keluar sehari setelah parlemen dengan resmi dibubarkan dan kurang dari setahun setelah pemilu terakhir.

Pemerintahan koalisi kanan-moderat Perdana Menteri Tihomir Oreskovich jatuh karena peselisihan antara partai Uni Demokrat Kroasia (HDZ) dan mitra reformisnya yang lebih kecil MOST.

Kemacetan politik telah menghentikan reformasi ekonomi Kroasia, salah satu yang paling lemah dalam blok Uni Eropa.

Jajak pendapat memberi indikasi koalisi 4-partai yang dipimpin Sosial Demokrat akan merebut paling sedikit 60 dari 151 kursi parlemen, tetapi HDZ yang konservatif hanya akan berada beberapa kursi di belakang. Para analis mengatakan tidak ada di antara partai yang akan memperoleh cukup suara untuk memerintah sendirian.

Hampir 4 juta orang terdaftar untuk memberi suara di Kroasia. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG