Tautan-tautan Akses

Kristen Stewart, Idris Elba Tampil di Festival Film Venice


Presiden Venice Biennale Paolo Baratta dan Direktur Festival Italia Alberto Barbera, kanan, berpose sebelum konferensi pers tentang Festival Film Venice di Roma, 29 Juli 2015.

Presiden Venice Biennale Paolo Baratta dan Direktur Festival Italia Alberto Barbera, kanan, berpose sebelum konferensi pers tentang Festival Film Venice di Roma, 29 Juli 2015.

Festival Film Venice tahun ini diramaikan oleh Kristen Stewart dalam film percintaan fiksi ilmiah, Idris Elba dalam film perang dan Tilda Swinton dan Dakota Johnson dalam sebuah film thriller dan juga penampilan Eddie Redmayne, Johnny Depp dan Jake Gyllenhaal.

Penyelenggara festival mengumumkan peserta yang akan berkompetisi di festival tersebut pada hari Rabu (29/7), yang akan berlangsung di kota Italia tersebut selama 11 hari pada bulan September.

Peserta kompetisi termasuk karya futuristic Drake Doremus, “Equals,” yang dibintangi Stewart dan Nicholas Hoult; “A Bigger Splash” karya Luca Guadagnino yang dibintangi Swinton, Johnson dan Ralph Fiennes; dan cerita tentara anak Afrika karya Carry Fukunaga “Beasts of No Nation,” yang dibintangi Elba.

Persaingan untuk penghargaan bergengsi Golden Lion juga meliputi film animasi Charlie Kaufman dan Duke Johsnon, “Anomalisa”; karya musisi Laurie Anderson “Heart of a Dog”; dan “The Danish Girl,” karya sutradara “The King’s Speech” yaitu Tom Hooper yang dibintangi oleh pemenang Oscar 2014, Redmayne, sebagai wanita transgender di tahun 1920an.

Beberapa pesaing lainnya: “Rabin, The Last day,” penggambaran Amos Gitai tentang pembunuhan pemimpin Israel Yitzakh Rabin di tahun 1995; drama kriminal karya sutradara Afrika Selatan Oliver Hermanus “The Endless River”; “11 minutes” karya sutradara asal Polandia yang mengikuti beberapa karakter selama 11 menit, dan drama kriminal keluarga karya sutradara asal Argentina Pablo Trapero yang berjudul “The Clan.”

Ada juga beberapa film baru Atom Egoyan dari Kanada (“Remember”, thriller pemburuan Nazi yang dibintangi Christopher Plummer dan Martin Landau), Aleksandr Sokurov dari Rusia (“Francofania” yang diambil di Paris) dan Marco Bellocchio dari Italia (film bertema vampire “Blood of My Blood”).

Entri di luar kompetisi, yang tidak bersaing untuk penghargaan festival namun bisa menjadi nominasi Academy Awards, termasuk “Black Mass” karya Scott Cooper dibintangi Depp sebagai gangster Boston Whitney Bulger, dan “Spotlight”, karya Thomas McCarthy yang menampilkan Michael Keaton sebagai editor tim Boston Globe yang menyelidiki pelecehan seks yang dilakukan oleh anggota gereja Katolik.

Martin Scorsese akan menyertakan “The Audition,” film pendek yang dibintangi Robert De Niro, Leonardo DiCaprio dan Brad Pitt. Sementara film dokumenter yang akan ditampilkan di festival tersebut termasuk film biografi Janis Joplin “Janis”, karya Amy Berg.

Festival Venice ke-72 akan dibuka pada tanggal 2 September dengan pemutaran perdana dunia film drama pegunungan “Everest” karya Baltasar Kormakurm yang dibintangi Gyllenhaal dan Robin Wright. Festival ini akan berlangsung hingga tanggal 12 September, saat juri yang dipimpin oleh sutradara Meksiko Alfonso Cuaron menyerahkan penghargaan Golden Lion untuk kategori film terbaik dan penghargaan-penghargaan lainnya.

Venice dianggap sebagai awal musim penghargaan bersamaan dengan Toronto Film Festival yang tahun ini akan diselenggarakan tanggal 10-20 September. Beberapa judul termasuk “Black Mass” dan ‘the Danish Girl” akan ditayangkan di kedua festival tersebut.

XS
SM
MD
LG