Tautan-tautan Akses

Krisis Utang di Eropa Menyebar ke Spanyol


S&P menurunkan peringkat kredit Spanyol menjadi peringkat AA Rabu, sehari setelah menurunkan peringkat Yunani dan Portugal.

Para pemimpin Eropa kini secara terburu-buru berusaha mengendalikan krisis utang yang telah menyebar ke Spanyol, ekonomi ke 4 terbesar di zona euro, serta memiliki potensi mengancam stabilitas ekonomi di seluruh wilayah itu.

Standard and Poor, salah satu dari badan peringkat kredit utama dunia, menurunkan peringkat kredit Spanyol menjadi peringkat AA Rabu, hanya sehari setelah menurunkan peringkat Yunani dan Portugal.

Langkah ini mencerminkan keprihatinan yang semakin membesar bahwa negara-negara ini tidak akan mampu membayar kembali utang-utang mereka. Ketua Dana Moneter Internasional telah memperingatkan Rabu bahwa krisis utang Yunani menggoncangkan kepercayaan di zona euro.

Yunani sudah minta bantuan penyelamatan dari Dana Moneter Internasional dan negara anggota zona euro lainnya, tetapi permintaan ini ditentang oleh Berlin.

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan Rabu bahwa Berlin tidak akan menghindar dari tanggung jawabnya, katanya stabilitas zona euro kini sedang dipertaruhkan.

XS
SM
MD
LG