Tautan-tautan Akses

Krisis Keuangan Picu Tingkat Bunuh Diri di Yunani


Demonstran di Athena, Yunani bentrok dengan polisi yang menembakkan gas air mata dalam protes menentang kenaikan pajak dan pemotongan anggaran pemerintah (foto: dok).

Demonstran di Athena, Yunani bentrok dengan polisi yang menembakkan gas air mata dalam protes menentang kenaikan pajak dan pemotongan anggaran pemerintah (foto: dok).

Angka bunuh diri dilaporkan naik sebesar 45 persen semasa empat tahun pertama krisis keuangan yang melanda Yunani.

Angka bunuh diri naik sebesar 45 persen semasa empat tahun pertama krisis keuangan di Yunani, menurut sebuah organisasi bantuan kesehatan mental hari Selasa (10/9). Organisasi itu mengingatkan ada sejumlah indikasi “peningkatan bunuh diri yang sangat besar” lagi dalam dua tahun ini.

Organisasi Klimaka, yang berbasis di Athena, mengatakan jumlah bunuh diri yang resmi dilaporkan terus naik dari 328 kasus tahun 2007 menjadi 477 tahun 2011 berdasarkan data Otorita Statistik Yunani.

Organisasi itu mengatakan, berdasarkan riset mereka, angka bunuh diri terus meningkat tahun 2012 dan 2013.

Angka bunuh diri di Yunani masih yang terendah di Eropa, tetapi kenaikan drastis tingkat kemiskinan dan pengangguran sejak negara yang terlilit utang itu mulai menerapkan berbagai kebijakan penghematan ketat disebut sebagai penyebab naiknya angka bunuh diri.

Klimaka, yang mengoperasikan nomor telpon khusus pencegahan bunuh diri, mengatakan laki-laki bunuh diri empat kali lebih sering dibanding perempuan dengan laki-laki umumnya berusia pertengahan 50an dan perempuan berusia 30an lebih.

Sekitar 43 persen kematian akibat bunuh diri tahun 2011 dilakukan orang yang menganggur, sementara 25,7 persen orang yang menelpon karena berpikiran untuk bunuh diri tahun lalu mengatakan mereka mengalami banyak kesulitan keuangan yang serius.
XS
SM
MD
LG