Tautan-tautan Akses

Krisis Utang Eropa dan Referendum Yunani akan Dominasi Agenda G20


Seorang polisi melintasi logo dan slogan G20 'Dunia Baru, Ide Baru' menyambut pertemuan puncak G20 di Cannes, Perancis (2/11).

Seorang polisi melintasi logo dan slogan G20 'Dunia Baru, Ide Baru' menyambut pertemuan puncak G20 di Cannes, Perancis (2/11).

Pembahasan krisis ekonomi Eropa dan referendum persetujuan dana talangan untuk Yunani diperkirakan akan menjadi agenda utama pertemuan kepala negara G20 di Cannes, Perancis.

Para kepala negara atau pemerintahan dari 20 negara ekonomi terkemuka mengadakan pertemuan puncak dua hari di Cannes, Perancis, Kamis (3/11), yang diperkirakan akan didominasi oleh masalah krisis utang Eropa dan tindakan mendadak Yunani untuk mengajukan persetujuan dana talangan ke referendum.

Dalam rapat darurat para pemimpin Eropa sebelum pertemuan puncak G20, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan bahwa Yunani tidak akan menerima lagi satu sen pun dana talangan dari Uni Eropa dan IMF, bila Yunani tidak mematuhi persyaratan persetujuan dana talangan yang disepakati pekan lalu.

Perdana Menteri Yunani George Papandreou mengagetkan Eropa karena secara di luar dugaan mengumumkan bahwa referendum akan diadakan mengenai persetujuan dana talangan itu, yang mengharuskan Yunani untuk melaksanakan langkah penghematan lebih jauh yang sangat tidak populer bagi warga Yunani.

Walaupun kata-kata referendum yang diusulkan tidak jelas, Papandreou mengatakan, Rabu, bahwa keikutsertaan Yunani di masa depan dalam mata uang bersama euro dipertaruhkan dalam referendum tersebut.

XS
SM
MD
LG