Tautan-tautan Akses

Kremlin Akan Hidupkan Lagi KGB Gaya Baru


Helikopter militer Rusia lepas landas dari bangunan badan keamanan federal Rusia, penerus badan intelijen era Soviet, KGB, di Alun-alun Lubyanskaya di Moskow, Rusia (26/2). (AP/Alexander Zemlianichenko)

Helikopter militer Rusia lepas landas dari bangunan badan keamanan federal Rusia, penerus badan intelijen era Soviet, KGB, di Alun-alun Lubyanskaya di Moskow, Rusia (26/2). (AP/Alexander Zemlianichenko)

Komite keamanan negara itu akan menggabungkan dinas keamanan federal, dinas pengawas federal, dinas keamanan kepresidenan dan dinas intelijen.

Surat kabar Rusia Kommersant minggu ini melaporkan bahwa menjelang pemilihan presiden bulan Maret 2018, Kremlin berencana membentuk kementerian keamanan yang baru dan lebih besar, yang akan menggabungkan hampir semua badan keamanan di negara itu.

Menurut sumber-sumber Kommersant yang tidak disebut namanya, kementerian keamanan yang baru itu akan disebut Kementerian Keamanan Negara yang dalam bahasa Rusia disingkat dengan MGB.

Itu adalah nama yang sama yang digunakan diktator Uni Soviet Joseph Stalin untuk badan keamanannya dari tahun 1946 sampai ia meninggal tahun 1953. Setelah kematian Stalin, MGB dirombak lagi menjadi Komite Keamanan Negara, disingkat KGB.

Badan keamanan baru itu, kata Kommersant, akan menggabungkan Dinas Keamanan Federal (FSB), badan keamanan Rusia yang utama, dengan Dinas Pengawal Federal (FSO), yang melindungi para pejabat tinggi, termasuk Dinas Keamanan Kepresidenan (SPB).

MGB juga akan menyerap Dinas Intelijen Luar Negeri (SVR), badan mata-mata Rusia di luar negeri. Badan penyelidik MGB akan menangani kasus-kasus kejahatan besar, dan staf MGB akan mengawasi pekerjaan banyak badan penegak hukum Rusia, termasuk Kementerian Dalam Negeri dan Komite Penyelidik.

Jika perombakan itu terjadi, ini akan merupakan langkah besar paling baru yang dijalankan Presiden Vladimir Putin untuk memperkuat sistem keamanannya.

Awal tahun ini, Putin membentuk Garda Nasional, yang bertugas mengamankan perbatasan Rusia, melawan teroris dan kejahatan terorganisir serta menjaga fasilitas-fasilitas penting pemerintah. [isa/sp]

XS
SM
MD
LG