Tautan-tautan Akses

KPU Meksiko Nyatakan Nieto sebagai Pemenang Pilpres


Komisi Pemilu Meksiko resmi menyatakan Enrique Pena Nieto sebagai pemenang pilpres Meksiko yang diadakan 1 Juli lalu (foto: dok).

Komisi Pemilu Meksiko resmi menyatakan Enrique Pena Nieto sebagai pemenang pilpres Meksiko yang diadakan 1 Juli lalu (foto: dok).

Komisi Pemilu Meksiko telah menyatakan Enrique Pena Nieto sebagai pemenang dalam pemilihan presiden negara itu tanggal 1 Juli lalu.

Namun, saingan Presiden terpilih Enrique Pena Nieto, yaitu kandidat presiden dari sayap kiri Andres Manuel Lopez Obrador, menolak mengakui hasil pilpres Meksiko itu, meningkatkan kekhawatiran akan protes yang meluas.

Begitu presiden terpilih Pena Nieto menerima dokumen dari hakim mahkamah hari Jumat, mengukuhkan kemenangannya sebagai presiden, demonstrasi mulai terjadi di luar gedung itu, menentang keputusan hakim membatalkan tantangan Lopez Obrador.

Lopez Obrador menuduh Partai Revolusioner Institusional atau PRI pimpinan Pena Nieto, membeli jutaan suara dengan suap dan kartu hadiah yang didistribusi menjelang pemungutan suara. Tetapi, mahkamah pemilu menyatakan keluhan itu tidak berdasar.

Putusan tersebut membuka jalan bagi Pena Nieto untuk mulai merancang reformasi ekonomi yang tertunda sejak ia memenangi Pemilu 1 Juli.

Pena Nieto akan memulai masa jabatannya selama enam tahun tanggal 1 Desember. Ia menggantikan Presiden Felipe Calderon.
XS
SM
MD
LG