Tautan-tautan Akses

KPU Afghanistan Diskualifikasi Separuh Lebih Capres


Ketua Komisi Pemilu Independen Afghanistan, Ahmad Yousuf Nuristani (tengah) memberikan keterangan pers di Kabul, Afghanistan (22/10)/

Ketua Komisi Pemilu Independen Afghanistan, Ahmad Yousuf Nuristani (tengah) memberikan keterangan pers di Kabul, Afghanistan (22/10)/

Para pejabat pemilu Afghanistan mendiskualifikasi lebih dari separuh calon yang mendaftarkan diri dalam pemilihan Presiden tahun depan.

Komisi Pemilu Independen Afghanistan mengatakan hari Selasa (22/10), 16 dari 26 bakal calon presiden didiskualifikasi karena berbagai alasan, termasuk tidak memiliki cukup tanda tangan relawan atau menyerahkan formulir pendaftaran yang tidak lengkap.

Bakal calon presiden harus menyerahkan rincian identifikasi pemilih 100.000 pendukung dari sekurang-kurangnya 20 provinsi, dan membayar deposito sekitar 160 juta rupiah.

Kesepuluh bakal calon yang lolos mencakup adik presiden Hamid Karzai, Qayinn Karzai, mantan menteri luar negeri Abdullah Abdullah, dan mantan menteri keuangan Ashraf Ghani. Bakal calon presiden yang didiskualifikasi dapat mengajukan banding, dan daftar akhir calon presiden akan diumumkan tanggal 16 November.

Pemilihan presiden Afghanistan tahun depan dipandang sangat penting bagi masa depan Afghanistan, sementara pasukan tempur NATO akan selesai ditarik dari negara itu.
XS
SM
MD
LG