Tautan-tautan Akses

Kota Washington Dorong Warga Bersepeda Lewat Program 'Bikeshare'


Program 'bikeshare' menyediakan sepeda-sepeda sewaan di berbagai tempat strategis di kota Washington DC (foto: dok).

Program 'bikeshare' menyediakan sepeda-sepeda sewaan di berbagai tempat strategis di kota Washington DC (foto: dok).

Banyak negara maju mendorong warganya untuk bersepeda ke kantor-dalam upaya untuk mengurangi kepadatan kendaraan dan juga untuk menjaga lingkungan. Di Washington dan beberapa daerah yang berdekatan, pemerintah lokal mempermudah warganya dalam menggunakan sepeda.

Di berbagai tempat strategis di Washington DC, gampang ditemukan tempat penyewaan sepeda. Menyewa sepeda sangat mudah. Orang hanya perlu memakai kartu kredit mereka. Lalu menentukan sepeda yang diinginkan. Bukti pembayaran yang dicetak juga memuat kode untuk membuka kunci sepeda. Masukkan kode tersebut dalam gembok digital yang terdapat pada sepeda, lampu hijau akan menyala dan sepeda siap dikayuh.

Orang yang memiliki keanggotaan tahunan mendapat kunci plastik yang bisa dipakai untuk gembok digital tersebut. Mengembalikan sepeda tersebut juga mudah. Cukup mendatangi lokasi Bikeshare yang terdapat di berbagai lokasi dan letakkan pada raknya.

Pemerintah kota Washington memulai program ini bulan September 2010. Sekarang ini ada 134 lokasi dengan 1.100 sepeda di ibukota Amerika dan kota yang berdekatan, Arlington, Virginia.

Chris Holben adalah direktur program Washington’s Capital Bikeshare. Program tersebut menawarkan beragam opsi keanggotaan-untuk satu hari, 3 hari, satu bulan atau setahun penuh. Holben mengatakan jumlah anggota semakin bertambah setiap tahun.

Ia mengatakan, “Kami memiliki 20 ribu anggota yang menggunakan sepeda-sepeda itu. Sekitar 90 ribu turis juga menyewa sepeda-sepeda itu.”

Menyewa sepeda cukup mudah, dengan menggunakan kartu kredit anda bisa memilih sepeda yang akan digunakan (foto:dok).

Menyewa sepeda cukup mudah, dengan menggunakan kartu kredit anda bisa memilih sepeda yang akan digunakan (foto:dok).

Tahun lalu sepeda-sepeda ini sudah digunakan lebih dari sejuta kali. Holben mengatakan survey terhadap anggota menunjukkan 5 persen dari penggunanya akan mengendarai mobil bila sepeda-sepeda itu tak tersedia. Dia mengatakan jumlah itu menunjukkan bahwa penggunaan mobil telah berhasil dikurangi sebanyak 50 kali.

Di negara berkembang, banyak orang menganggap hanya orang miskin yang bersepeda dan menilai mobil sebagai simbol status. Holben mengatakan apa yang disebutnya “tokoh-tokoh panutan” bisa membantu menghilangkan persepsi seperti itu.

“Salah satu yang penting adalah diperlukan beberapa tokoh penting baik politisi atau orang dari kalangan atas yang bisa mempromosikan manfaat bersepeda bagi kesehatan atau membuat orang tidak lagi mengendarai mobilnya. Diperlukan juga jalur sepeda yang aman, untuk itu pemerintah atau kotamadya bisa menyediakan jalur khusus untuk bersepeda," ujar Holben.

Dua daerah di pinggiran Washington, yakini Montgomery County di Maryland dan Kota Alexandria di Virginia sudah setuju untuk turut dalam program bersepeda itu dan akan menambah 288 lokasi dan 2.800 sepeda pada akhir 2012.

XS
SM
MD
LG