Tautan-tautan Akses

Kota Santa Monica di AS Hapuskan Pameran Hari Natal


Kota Santa Monica di California meniadakan pameran Hari Natal karena protes dari kelompok atheis (foto: dok).

Kota Santa Monica di California meniadakan pameran Hari Natal karena protes dari kelompok atheis (foto: dok).

Keputusan melarang pameran itu diambil setelah sebuah kelompok atheis Amerika ikut mengadakan pameran di samping stand tentang kelahiran Yesus.

Kota Santa Monica, tidak jauh dari Los Angeles punya nama julukan The City of Christmas Story, karena di sebuah taman umum tiap akhir tahun sejak tahun 1953 selalu ada pameran tentang kisah kelahiran Yesus.

Tapi tahun ini, para pejabat kota melarang pameran atau pertunjukan yang bersifat keagamaan di tempat umum dan kelompok gereja yang mensponsori pameran itu berencana akan menuntut pejabat kota Santa Monica di pengadilan.

Keputusan melarang pameran itu diambil setelah sebuah kelompok atheis Amerika ikut mengadakan pameran di samping stand-stand tentang kelahiran Yesus.

Charles Haynes pakar Amandemen Pertama UU Dasar Amerika mengatakan, kelompok atheis itu belakangan ini menggunakan taktik baru untuk melawan kampanye keagamaan di tempat-tempat umum. Kalau kelompok-kelompok gereja berkeras menggunakan tempat-tempat umum untuk menyampaikan pesan mereka, orang-orang atheis-pun bisa menggunakan hak yang sama untuk menyatakan pendapat yang dijamin oleh UUD Amerika, kata Haynes.

Studi yang diadakan oleh Pew Forum on Religion and Public Life mengatakan, 20 persen warga Amerika mengatakan tidak punya agama apapun, naik dari 15 persen yang tercatat lima tahun lalu.

Tokoh atheis di Santa Monica Damon Vix dapat izin dari pejabat kota untuk memasang posternya disamping patung-patung Yesus, Bunda Maria dan Malaikat Jibril. Poster itu berisi kutipan dari Presiden Amerika Thomas Jefferson yang mengatakan “semua agama sama saja, dan berdasarkan dongeng serta mitos.”

Tampaknya pejabat kota tidak mau menghadapi perang agama yang mungkin terjadi di kota itu dan mengambil jalan tengah dengan menghapuskan sama sekali tradisi pameran tahunan itu.
XS
SM
MD
LG