Tautan-tautan Akses

AS

3 Kota Perebutkan Lokasi Perpustakaan Obama

  • Kane Farabaugh

Gambar ini adalah salah satu proposal rencana lokasi perpustakaan Obama yang diajukan oleh kelompok dari Hawaii (foto:dok).

Gambar ini adalah salah satu proposal rencana lokasi perpustakaan Obama yang diajukan oleh kelompok dari Hawaii (foto:dok).

Jabatan Presiden AS Barack Obama baru akan berakhir dua tahun lagi, tetapi upaya untuk mendirikan perpustakaannya sudah berjalan. Tiga kota kini bersaing untuk menjadi lokasi perpustakaan itu.

Pilihan lokasi Perpustakaan Kepresidenan Obama ada empat di tiga negara bagian – New York, Hawaii, dan Illinois. Masing-masing tempat itu memiliki peranan penting dalam kehidupan Presiden Obama sebelum dia menduduki Gedung Putih.

Dekan Perpustakaan Universitas Illinois di Chicago (UIC), Mary Case, berharap Perpustakaan Kepresidenan Obama didirikan di kampusnya. Dia mengatakan lokasinya yang dekat dengan pusat kota Chicago merupakan salah satu alasan menarik untuk menempatkan perpustakaan itu di kampus UIC.

Mary Case juga menambahkan bahwa alasan lainnya adalah, “Keragaman. UIC memiliki populasi mahasiswa yang paling beragam di AS, dan banyak mahasiswa kami mendapat manfaat dari UU DREAM,” demikian katanya.

UU DREAM memungkinkan anak-anak imigran mendapatkan pendidikan dan kemudian memperoleh kewarganegaraan AS.

Itu adalah bagian dari usulan UIC kepada Yayasan Perpustakaan Obama, kelompok nirlaba yang didirikan untuk merencanakan, mengembangkan, dan menggalang dana bagi perpustakaan, museum dan yayasan presiden di masa depan.

Mengenai biaya proyek itu, Mary Case mengatakan, “Mereka memperkirakan biaya proyek perpustakaan, museum dan kantor adalah sekitar 500 juta dolar.”

Fasilitas semacam itu akan menjadi dorongan ekonomi dan kebanggaan bagi institusi yang menjadi tuan rumah.

Meskipun UIC terletak di Chicago, kota yang dianggap Obama sebagai kampung halaman, Mary Case mengakui UIC kurang memiliki hubungan personal dengan Obama dan keluarganya.

“Tidak ada orang yang memiliki hubungan dengan Obama di UIC,” katanya.

Kompetitor UIC di Chicago yang juga bersaing memperebutkan perpustakaan Obama, memiliki hubungan personal itu. Beberapa teman dan mantan penasihat Presiden Obama bekerja di Universitas Chicago (U-Chicago) di South Side.

Di U-Chicago Presiden pernah bekerja sebagai profesor hukum konstitusi sebelum terjun ke politik.

Dan Weinberg memiliki toko buku yang didedikasikan bagi mantan presiden lain dari Illinois, Abraham Lincoln. Dia mengatakan jika didirikan di Chicago, maka itu akan menjadi perpustakaan kepresidenan pertama dalam sistem Arsip Nasional yang berlokasi di negara bagian Illinois.

“Aneh sekali Illinois tidak punya perpustakaan. Menurut saya – kalau saingan utamanya New York – sudah pasti New York yang menang kalau keluarga Obama pindah ke New York,” kata Dan Weinberg.

New York adalah lokasi Universitas Columbia, dimana Presiden Obama kuliah S-1. Columbia juga bersaing untuk memiliki perpustakaan kepresidenan pertama di Kota New York.

Lokasi keempat -- Honolulu – adalah tempat kelahiran Presiden Obama. Dia adalah satu-satunya Presiden yang lahir di negara bagian Hawaii. Kalau didirikan disini, fasilitas itu akan menghadap ke pantai dan tersedia bagi 8 juta turis yang mengunjungi negara baian itu setiap tahun.

Pada akhirnya, keputusan final ada di tangan Presiden Obama.

XS
SM
MD
LG