Tautan-tautan Akses

Kota Perbatasan Suriah Terus Diserang Militan ISIS


Asap membumbung di atas kota perbatasan strategis Suriah, Kobani, Minggu 5 Oktober 2014.

Asap membumbung di atas kota perbatasan strategis Suriah, Kobani, Minggu 5 Oktober 2014.

Asap membubung di atas kota perbatasan strategis Suriah, Kobani, Minggu sementara pertempuran berkecamuk antara militan ISIS dan pasukan Kurdi yang didukung oleh serangan udara pimpinan AS.

Pertempuran terbaru itu terjadi sehari setelah para pejabat Kurdi mengatakan pasukan ISIS menggempur Kobani dari tiga arah Sabtu.

Serangan ini adalah upaya terbaru militan untuk merebut kota itu.

Diperkirakan 160.000 orang atau lebih telah melarikan diri melintasi perbatasan ke Turki untuk menghindari pertempuran di sekitar Kobani; konflik yang sekarang dikatakan membayangi perang sipil yang lebih luas di Suriah.

Kobani dan sekitarnya telah diserang sejak pertengahan September oleh laskar ISIS yang berusaha membuka hubungan langsung antara posisi mereka di provinsi Aleppo dan kubu mereka Raqqa, ke timur. ISIS telah menguasai puluhan desa Kurdi di dekatnya.

Dalam perkembangan lain, Wakil Presiden AS Joe Biden telah meminta maaf kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan atas komentar yang mengisyaratkan Turki telah mengijinkan pejuang Islamis melewati perbatasan ke Suriah dan membantu mempersenjatai kelompok-kelompok militan.

XS
SM
MD
LG