Tautan-tautan Akses

Kota-kota di Seluruh Dunia Rayakan Bulan Gay Pride


Orang-orang melewati Colosseum merayakan parade gay-pride di Roma, 11 Juni 2016.

Orang-orang melewati Colosseum merayakan parade gay-pride di Roma, 11 Juni 2016.

Ratusan ribu orang berpawai, menari, dan mengenakan kostum untuk merayakan dan mendukung gay pride di seluruh dunia hari Sabtu sebagai bagian dari bulan perayaan global LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender).

Festival-festival gay pride dilakukan di kota-kota besar di setiap benua hari Sabtu, termasuk di negara-negara dengan budaya konservatif seperti Kroasia, Polandia, dan Italia.

Italia baru saja mengesahkan undang-undang civil union atau persatuan hubungan secara sipil bagi pasangan sesama jenis, tetapi beberapa peserta parade di Roma mengatakan mereka masih jauh dari tujuan mereka, termasuk dilegalkannya pernikahan sesama jenis dan adopsi anak oleh kaum gay.

Seorang aktivis hak-hak gay yang berparade di Athena mengatakan Yunani membuat langkah pertama menuju pengakuan adanya perbedaan dan mengatakan pawai hari Sabtu ini telah memperkuat perubahan sikap.

Peserta pawai di Seoul menyaksikan polisi menyeret para pengunjuk rasa yang berusaha menghentikan parade hari Sabtu. Salah seorang penyelenggara pawai hari Sabtu itu mengatakan ia ingin mengirim pesan kesetaraan dan saling menghormati di antara masyarakat Korea.

Parade juga diadakan di belasan lebih kota-kota di Amerika, di mana Mahkamah Agung AS telah melegalkan pernikahan sesama jenis tepatnya satu tahun lalu pada bulan ini.

Parade-parade di Amerika dirayakan dengan musik dan tarian, kostum-kostum menarik, dan suasana kekeluargaan.

Acara pawai gay pride lainnya dijadwalkan akan berlangsung di seluruh dunia selama bulan Juni. [zb]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG