Tautan-tautan Akses

AS

Kota di AS Gunakan Komik untuk Dorong Keselamatan Berlalu Lintas

  • Faiza Elmasry

Polisi di Boston, AS, mengatur lalu lintas jalan dan pejalan kaki.

Polisi di Boston, AS, mengatur lalu lintas jalan dan pejalan kaki.

Tingginya angka kematian pejalan kaki yang ditabrak mobil mendorong pemerintah suatu kota di AS mencari cara yang lebih efektif untuk berkampanye keselamatan lalu lintas.

Setiap hari di Amerika, belasan pejalan kaki tewas tertabrak mobil. Banyak kejadian fatal terjadi di persimpangan yang ramai, atau ketika pejalan kaki maupun pengendara tidak menghiraukan rambu-rambu lalu lintas.

Pihak berwenang di seluruh Amerika telah mencoba berbagai pendekatan untuk meningkatkan keselamatan di jalan. Montgomery County, Maryland di pinggiran Washington telah meluncurkan serangkaian kampanye untuk meningkatkan kesadaran di jalan, dan yang terbaru adalah lewat komik.

Ketika para pejabat Montgomery County mempekerjakan ‘Sharp and Company’ untuk merancang kampanye baru mereka, kelompok konsultan komunikasi itu mengawalinya dengan mempelajari penduduk yang mereka sasarkan – di daerah perumahan imigran dimana korban pejalan kaki meningkat.

CEO Mary Artz mengatakan timnya mulai melakukan riset lebih banyak, mewawancarai orang dari komunitas itu untuk menentukan cara terbaik untuk merangkul mereka.

“Ada apa dalam budaya Hispanik? Apa yang menarik bagi mereka? Apa yang unik bagi mereka serta juga warga yang berbahasa Inggris? Kami mempelajarinya dan salah satu temuan kami adalah bahwa telenovela sangat populer dalam budaya Hispanik,” ujarnya.

“Telenovela adalah acara TV, kita menyebutnya sebagai sinetron di Amerika. Kami berpikir, bagaimana kami bisa menerjemahkan pengaruh telenovela ke dalam format komik atau novel grafik.”

Mereka lalu melakukannya dengan komik dengan tokoh utama pasangan yang saling mencinta, Maria dan Marco.

“Marco baru saja tertabrak mobil dan ia mengaku bahwa dia tidak menyeberang di tempat yang seharusnya. Dan Maria mengeluh, ‘Ya ampun, kamu tidak menggunakan tempat penyeberangan jalan?! Itu sangat berbahaya!’ Maria mengatakan kepada orang-orang, ‘kalau saja dia menggunakan tempat penyeberangan jalan’,!” ujar Artz.

Cerita komik tersebut diterbitkan dalam dua bahasa dan disimpan di bus-bus serta halte bus sejak Desember.

Jeff Dunckel, koordinator keamanan pada Departemen Transportasi Montgomery County, mengatakan penggunaan komik untuk menyampaikan pesan adalah cara yang pintar dan efektif.

“Ada kekhawatiran bahwa mungkin komik bukan penanganan serius bagi isu serius seperti keamanan pejalan kaki, tetapi menurut saya kampanye ini telah membuktikan bahwa ini adalah respon serius,” ujarnya.

Aktivis masyarakat Hispanik Carlos Iglesias senang dengan fokus kampanye pada komunitasnya. Dia ingin kampanye itu meluas, dengan gambar-gambar komik di banyak tempat, ujarnya.

“Saya ingin melihat misalnya, orang-orang memakai kaus kampanye, anggota komunitas berbicara dengan anggota komunitas lainnya di halte bus, misalnya,” ujarnya.

Dunckel mengatakan dia menyambut baik segala masukan yang bisa membantu mengurangi korban pejalan kaki.
XS
SM
MD
LG