Tautan-tautan Akses

Kostum Film Hollywood Dipamerkan di Los Angeles


Pameran "Hollywood Costume" menampilkan kostum-kostum yang dikenakan dalam film-film oleh Charlie Chaplin, Marlene Dietrich, Bette Davis, Elizabeth Taylor, superhero dan lainnya di Los Angeles.

Pameran "Hollywood Costume" menampilkan kostum-kostum yang dikenakan dalam film-film oleh Charlie Chaplin, Marlene Dietrich, Bette Davis, Elizabeth Taylor, superhero dan lainnya di Los Angeles.

Sepatu merah Dorothy yang terkenal dari film “The Wizard of Oz” kembali ke rumahnya sebagai salah satu benda yang paling disorot di pameran baru Hollywood yang menampilkan kostum-kostum ikonik dalam film.

Pameran Hollywood Costume, dibuka Selasa di Los Angeles dan dikurasi oleh Academy of Motion Pictures Arts and Sciences dan London's Victoria & Albert Museum (V&A), akan menjadi rumah bagi lebih dari 150 kostum dari berbagai dekade sinema.

Pameran tersebut merupakan kepanjangan dari pameran V&A 2012 di London, dan meliputi 40 kostum baru, termasuk kostum yang dikenakan oleh pemenang Oscar Jared Leto dalam film "Dallas Buyers Club,” Jennifer Lawrence dalam “The Hunger Games” dan kostum “Indiana Jones” yang dikenakan oleh Harrison Ford.

“Pameran ini merefleksikan misi Academy untuk merayakan dan melestarikan masa lalu, menghormati masa kini dan membentuk masa depan dunia sinema,” ujar Cheryl Boone Isaacs, presiden Academy, organisasi film yang menyelenggarakan Oscars setiap tahunnya.

Pameran di Wilshire May Company Building, tempat museum film Academy akan dibuka pada tahun 2017, memenuhi empat ruangan yang mengikuti perjalanan sebuah kostum mulai dari sketsa sampai produk final.

Dari kostum glamor, seperti gaun bordiran yang terinspirasi oleh Persia yang dikenakan oleh Marlene Dietrich dari film “Angel” pada tahun 1973, sampai ke kostum yang biasa, seperti hoodie abu-abu dan sandal milik Jesse Eisenberg dari perannya sebagai Mark Zuckerberg di film “The Social Network,” setiap pakaian disertai detil karakter dan pilihan pakaiannya.

“Ini bukan pameran mengenai pakaian, tapi film,” ukar kurator pameran Deborah Nadoolman Landis, desainer kostum di balik film “The Blues Brothers,” “1941” dan "The Raiders of the Lost Ark.”

Landis mengatakan dia berharap pameran ini bisa membantu orang-orang memahami “apa yang dikontribusikan oleh seorang desainer kostum bagi setiap produksi film,” begitu juga bagaimana sebuah kostum bisa membantu penonton menjadi terlibat dalam sebuah karakter film.

Kostum-kostum utama termasuk sepasang sepatu ruby asli yang dikenakan oleh Judy Garland dalam film “The Wizard of Oz” pada tahun 1939, gaun ikonik Marilyn Monroe dari film “The Seven Year Itch” pada tahun 1955, kostum Superman Christopher Reeve dan gaun emas Cate Blanchett yang dikenakan untuk perannya sebagai Ratu Elizabeth I dalam film “Elizabeth.”

Pameran tersebut menampilkan berbagai genre film, mulai dari Darth Vader di "Star Wars” dan kostum Batman Christian Bale, sampai gaun Kate Winslet dalam film “Titanic,” gaun Amy Adams dalam “American Hustle” dan kostum Robert Pattinson sebagai Edward Cullen dalam “Twilight.”

Kostum ikonik dari masa keemasan sinema sampai sekarang dipamerkan di pameran "Hollywood Costume," 29 September 2014, di Los Angeles.

Kostum ikonik dari masa keemasan sinema sampai sekarang dipamerkan di pameran "Hollywood Costume," 29 September 2014, di Los Angeles.

Dalam sebuah ruangan, video diproyeksikan pada meja-meja hitam panjang dan kursi-kursi, menyerupai diskusi meja bundar dengan para aktor seperti Tippi Hedren, sutradara seperti Alfred Hitchcock dan Quentin Tarantino, dan desainer kostum seperti desainer pemenang Oscar Edith Head mendiskusikan kostum-kostum penting.

Aktris pemenang tiga Oscar Meryl Streep, mantan siswa desain kostum, mempunyai bagian khusus dalam pameran tersebut yang menampilkan banyak pakaian-pakaian dari film-film utamanya dan video yang menampilkan ia sedang berdiskusi tentang pilihan kostum untuk karakternya.

Tiket untuk pameran tersebut, yang berlangsung sampai Maret 2015 dijual seharga $20 dan juga termasuk acara-acara khusus seprerti diskusi dengan desainer kostum.

XS
SM
MD
LG