Tautan-tautan Akses

Kostum Film dan Memorabilia Shirley Temple Dilelang


Pada foto yang diambil tahun 1933 ini, Shirley Temple sedang berperan sebagai "Little Miss Marker." (Foto: dok.)

Pada foto yang diambil tahun 1933 ini, Shirley Temple sedang berperan sebagai "Little Miss Marker." (Foto: dok.)

Kostum, naskah dan gaun yang dikenakan bintang film anak Shirley Temple ke acara penghargaan Oscar tersedia untuk dilelang pada hari Kamis (28/8). Benda-benda tersebut disimpan oleh aktris tersebut yang kemudian menjadi diplomat AS, selama hampir 80 tahun sebelum ia meninggal pada tahun 2014.

Temple, salah satu aktor anak paling populer di Hollywood, memenangkan hati penggemar mereka sebagai bintang muda yang lincah dan berambut keriting pada film-film 1930an seperti "Bright Eyes", "Heidi" dan "Curly Top."

Aktris anak tersebut kemudian menjalani karir keduanya sebagai duta besar Shirley Temple Black dan meninggal pada usia 85 tahun lalu. Keluarganya kini menjual barang-barang miliknya.

Barang-barang yang bisa dibeli di situs pelelang Nate D. Sanders termasuk 57 kostum dari film-film seperti "Now and Forever", "The Little Colonel", "Dimples" dan "Poor Little Rich Girl."

"Kostum-kostum ini sangat penting karena merupakan kostum asli yang dikenakan di film-film tersebut. Shirley Temple menyimpan kostum-kostum tersebut selama hampir 80 tahun," kata pemilik rumah lelang, Nate Sanders.

"Benda paling penting yang kami miliki...yang merupakan bagian dari 57 gaun tersebut...adalah adegan mimpi dari film 'Heidi' di mana ia menari dan mengenakan sepatu bakiak. Kami punya gaun yang ia kenakan dan sepatu bakiaknya. Adegan itu adalah adegan film Shirley Temple yang paling terkenal."

Harga pembukaan untuk pakaian tersebut, yang disandingkan dengan foto-foto Temple mengenakan kostum-kostum tersebut, dimulai dari $500.000.

Naskah film pribadi Temple juga dijual begitu juga gaun lipit sutra berwarna peach yang ia kenakan ketika menerima Juvenile Award pada Oscar tahun 1935.

"Ia adalah bintang box office nomor satu saat itu selama empat tahun berturut-turut," kata Sanders. "Tidak ada yang mengalahkan kesuksesannya itu."

XS
SM
MD
LG