Tautan-tautan Akses

Kosovo Langsungkan Pemilu


Orang-orang mempersiapkan TPS di Mitrovica yang diominasi oleh Serbia, Kosovo, 8 Juni 2014.

Orang-orang mempersiapkan TPS di Mitrovica yang diominasi oleh Serbia, Kosovo, 8 Juni 2014.

TPS-TPS telah dibuka di Kosovo untuk pemilihan umum yang dianggap sebagai ujian penting bagi Perdana Menteri Hashim Thaci, dan bagi upaya negara itu bergabung dengan Uni Eropa.

Pria berusia 46 tahun, yang menjadi politisi setelah sebelumnya menjadi pemimpin gerilya, telah memimpin Kosovo selama tujuh tahun. Ia juga yang memimpin deklarasi kemerdekaan negara itu dari Serbia pada tahun 2008.

Banyak dari 1,8 juta orang penduduk negara itu merasa frustasi atas kemajuan Kosovo sejak merdeka, karena negara itu menduduki peringkat termiskin di antara negara-negara Eropa. Tingkat pengangguran di Kosovo juga tinggi, sekitar 35 persen. Kelompok Transparency International menempatkan Kosovo pada urutan ke-111 dalam indeks korupsi tahun 2013.

Thaci adalah salah seorang pemimpin Tentara Pembebasan Kosovo, yang mengangkat senjata pada akhir tahun 1990-an untuk membebaskan Kosovo dari pemerintahan represif Serbia yang ketika itu dipimpin Slobodan Milosevic.

Kosovo di bawah mandat Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1999, dan menyatakan kemerdekaannya hampir 10 tahun kemudian. Kemerdekaannya telah diakui lebih dari 100 negara, tetapi tidak oleh negara tetangganya Serbia, dan juga Rusia.
XS
SM
MD
LG