Tautan-tautan Akses

Kosmonot Rusia Pecahkan Rekor Terlama Tinggal di Antariksa


Astronot AS Scott (kiri) dan kosmonot Rusia, Gennady Padalka sebelum berangkat menuju ISS (foto: dok). Padalka mencatat rekor 879 hari berada di antariksa, setelah menyelesaikan misinya yang kelima selama 168 hari.

Astronot AS Scott (kiri) dan kosmonot Rusia, Gennady Padalka sebelum berangkat menuju ISS (foto: dok). Padalka mencatat rekor 879 hari berada di antariksa, setelah menyelesaikan misinya yang kelima selama 168 hari.

Kapsul antariksa Rusia membawa pulang kosmonot Rusia, Gennady Padalka, yang secara keseluruhan dalam lima kali misinya, pernah berada di antariksa selama 879 hari atau kurang lebih selama 2 tahun dan 5 bulan.

Sebuah kapsul antariksa Rusia mendarat dengan selamat di Kazakhstan, membawa pulang 3 orang awak Stasion Antariksa Internasional, termasuk kosmonot Rusia yang memecahkan rekor terlama di antariksa.

Gennady Padalka dari Rusia, Andreas Morgensen dari Badan Antariksa Eropa dan Aidyn Aimbetov dari Kazakhstan mendarat di kawasan padang rumput atau stepa, hanya dua menit sebelum matahari terbit dan merasa sehat.

Kapsul Soyuz TMA-16M mendarat sesuai dengan jadwal pukul 6:51 waktu setempat hari Sabtu, 146 kilometer sebelah tenggara Dzhezkazgan, dalam apa yang disebut komentator NASA “pendaratan yang persis pada sasaran.”

Padalka telah menyelesaikan misinya yang kelima kali, untuk rekor dunia baru selama 879 hari tinggal di antariksa, lebih dari dua bulan lebih lama daripada pemegang rekor sebelumnya, kosmonot Rusia Sergei Krikalev.

Padalka telah menghabiskan 168 hari pada misi terbarunya (misi yang ke-5) ini, sementara Mogensen dan Aimbetov masing-masing menggunakan 10 hari di orbit.

Helikopter dan kendaraan lapangan bergegas ke daerah pendaratan ketika kapsul itu, yang gosong karena terjun bebas yang berapi melalui atmosfir Bumi, turun dengan parasut berwarna oranye dan putih.

Petugas pertolongan dengan cepat mengeluarkan awak yang tersenyum itu dari pintu kapsul dan menaruh mereka pada kursi dengan sandaran yang dapat diratakan sementara petugas medis memeriksa keadaan mereka.

Scott Kelly dari NASA dan Kjell Lindgren tetap tinggal di stasiun beserta Mikhail Kormienko, Sergei Volkov dan Oleg Kononenko dan Kimiya Yui dari Jepang.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG