Tautan-tautan Akses

Korut Tetapkan Tanggal Peradilan Warga AS Matthew Miller


Matthew Miller, warga AS yang ditahan di Korea Utara.

Matthew Miller, warga AS yang ditahan di Korea Utara.

Korea Utara menetapkan 14 September sebagai tanggal peradilan untuk Matthew Miller, satu dari tiga warga negara Amerika yang ditahan di negara itu.

Matthew yang berasal dari California ditangkap pada April setelah merobek visanya saat kedatangan di Pyongyang dan minta suaka.

Miller dan dua orang Amerika lainnya, Kenneth Bae dan Jeffrey Fowle dipertemukan dengan jurnalis Amerika baru-baru ini dan menyerukan agar seorang utusan tingkat tinggi Amerika datang ke Korea Utara serta mengajukan permohonan langsung bagi pembebasan diri mereka.

Bae menjalani hukuman 15 tahun, dan mengatakan kesehatan dirinya mundur dan Miller mengatakan situasi dirinya “sangat mendesak.” Miller mengatakan ia tidak akan tahu tuduhan terhadap dirinya sampai sidang dengarnya diselenggarakan. Fowle mengatakan tidak mempunyai keluhan tentang perlakuan terhadap dirinya, tetapi ia menjadi putus asa. Ia masih menunggu peradilan dirinya.

Jurnalis dari CNN dan AP yang sedang melakukan kunjungan resmi ke Korea Utara mereka dipanggil untuk melakukan wawancara yang tidak direncanakan sebelumnya di Pyongyang. Mereka diberi waktu lima menit dengan masing-masing tahanan itu.

XS
SM
MD
LG