Tautan-tautan Akses

Korut Tetapkan Tanggal Kongres Pertama Partai Berkuasa dalam 36 Tahun


Parade militer Korea Utara di Pyongyang, 25 Februari 2016 (Foto: dok).

Parade militer Korea Utara di Pyongyang, 25 Februari 2016 (Foto: dok).

Para pengamat meyakini pemimpin Kim Jong-Un akan memanfaatkan acara itu untuk memperkokoh cengkeramannya pada kekuasaan dengan mengukuhkan klaim-klaim mengenai kemajuan program nuklir dan program misil balistik negara itu.

Partai yang berkuasa di Korea Utara, Partai Pekerja, akan menyelenggarakan kongres yang sudah lama ditungu-tunggu pada tanggal 6 Mei.

Pengumuman dari kantor berita resmi negara itu, KCNA, tidak menyebutkan berapa lama kongres itu akan berlangsung dan rincian agendanya. Namun para pengamat meyakini, pemimpin Kim Jong-Un akan memanfaatkan acara itu untuk memperkokoh cengkeramannya pada kekuasaan dengan mengukuhkan klaim-klaim mengenai kemajuan program nuklir dan program misil balistik negara itu.

Para pengamat juga akan memperhatikan secara seksama kemungkinan adanya perubahan kebijakan atau perombakan pejabat-pejabat penting.

Korea Utara telah melangsungkan serangkaian uji peluncuran misil dalam beberapa pekan terakhir, sebagai pembangkangan terhadap serangkaian sanksi baru yang lebih keras yang diterapkan PBB karena uji coba nuklir keempatnya Januari lalu dan uji misil balistik pada bulan berikutnya. Korea Selatan memperingatkan, Pyongyang akan melangsungkan uji coba nuklir kelima tidak lama sebelum kongres Partai Pekerja dimulai.

Kongres yang akan berlangsung bulan depan merupakan yang ketujuh sejak Korea Utara didirikan pada akhir 1940-an, atau yang pertama sejak 1980, setelah mendiang ayah Kim, Kim Jong Il, muncul sebagai pengganti ayahnya, pendiri Korea Utara Kim Il Sung. [ab/as]

XS
SM
MD
LG