Tautan-tautan Akses

Korea Utara Tahan Seorang Lagi Turis Amerika


Tayangan televisi di Korea Selatan menampilkan warga Amerika Serikat Merrill Newman yang dibebaskan oleh Korea Utara. (Foto: Dok)

Tayangan televisi di Korea Selatan menampilkan warga Amerika Serikat Merrill Newman yang dibebaskan oleh Korea Utara. (Foto: Dok)

Turis, yang namanya tidak disebutkan dalam laporan itu, diduga adalah orang Amerika ketiga yang ditahan Korea Utara.

Pemerintah Korea Utara menyatakan telah menahan seorang warga negara Amerika Serikat yang memasuki negara itu akhir April lalu sebagai turis.

Kantor berita KCNA Jumat (6/6) menyatakan warga Amerika itu melanggar ketentuan dalam visanya dan sedang menjalani interogasi.

Seorang pejabat Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Washington mengetahui laporan bahwa seorang warga negara Amerika ditahan oleh Korea Utara.

Tidak ada tindakan atau motivasi tertentu diberikan yang mungkin telah menyebabkan penangkapan Fowle, yang adalah orang Amerika ketiga yang ditahan oleh Korea Utara.

Pyongyang pada bulan April menangkap turis berusia 24 tahun, Matthew Todd Miller, yang dikatakan telah merobek visanya dan menuntut suaka.

Misionaris Amerika keturunan Korea Kenneth Bae juga ditahan pada tahun 2012. Ia dijatuhi hukuman 15 tahun kerja paksa atas tuduhan subversi.
XS
SM
MD
LG