Tautan-tautan Akses

Korut Siap Lakukan Percobaan Nuklir ke-5


Rudal Korea Utara di atas truk pada peringatan dirgahayu Partai Pekerja yang berkuasa. Pyongyang, Korea Utara. (dok.)

Rudal Korea Utara di atas truk pada peringatan dirgahayu Partai Pekerja yang berkuasa. Pyongyang, Korea Utara. (dok.)

Korea Utara disinyalir tengah bersiap-siap untuk melakukan percobaan nuklir yang ke-5. Pemimpin Kim Jong Un diperkirakan akan menggunakan kongres itu untuk menyatakan kemajuan program misil balistik dan nuklir Korut. Banyak pengamat menuduh Korut membesar-besarkan kecanggihan militernya.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap mengatakan Korea Utara bersiap-siap untuk tidak memperdulikan sanksi internasional dengan melakukan percobaan nuklir yang ke-5.

Yonhap mengatakan hari Minggu kantor berita itu mengetahui dari berbagai sumber dalam pemerintah bahwa kegiatan di lokasi percobaan nuklir Punggye-ri, Korea Utara, “telah meningkat dua-hingga-tiga kali lipat belakangan ini.” Para pejabat yang tidak disebut namanya yakin truk-truk yang kelihatan keluar-masuk lokasi itu kemungkinan membawa para teknisi nuklir.

Keprihatinan bahwa Pyongyang akan segera melakukan lagi percobaan nuklir timbul, sementara rejim itu bersiap-siap mengadakan rapat yang jarang Partai Pekerja yang berkuasa awal Mei. Pemimpin Kim Jong Un diperkirakan akan menggunakan kongres itu untuk menyatakan lagi klaim baru-baru ini kemajuan dalam program misil balistik dan nuklir Korea Utara, termasuk pembuatan hulu-ledak nuklir yang diperkecil supaya cocok dipasang pada misil balistik jarak-jauh.

Belum ada dari klaim ini yang sudah diperiksa kebenarannya, dan banyak pengamat telah menuduh Korea Utara membesar-besarkan kemampuan dan kecanggihan militernya. [gp]

XS
SM
MD
LG