Tautan-tautan Akses

Korut Siap Lakukan Percobaan Nuklir ke-5


Rudal Korea Utara di atas truk pada peringatan dirgahayu Partai Pekerja yang berkuasa. Pyongyang, Korea Utara. (dok.)

Korea Utara disinyalir tengah bersiap-siap untuk melakukan percobaan nuklir yang ke-5. Pemimpin Kim Jong Un diperkirakan akan menggunakan kongres itu untuk menyatakan kemajuan program misil balistik dan nuklir Korut. Banyak pengamat menuduh Korut membesar-besarkan kecanggihan militernya.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap mengatakan Korea Utara bersiap-siap untuk tidak memperdulikan sanksi internasional dengan melakukan percobaan nuklir yang ke-5.

Yonhap mengatakan hari Minggu kantor berita itu mengetahui dari berbagai sumber dalam pemerintah bahwa kegiatan di lokasi percobaan nuklir Punggye-ri, Korea Utara, “telah meningkat dua-hingga-tiga kali lipat belakangan ini.” Para pejabat yang tidak disebut namanya yakin truk-truk yang kelihatan keluar-masuk lokasi itu kemungkinan membawa para teknisi nuklir.

Keprihatinan bahwa Pyongyang akan segera melakukan lagi percobaan nuklir timbul, sementara rejim itu bersiap-siap mengadakan rapat yang jarang Partai Pekerja yang berkuasa awal Mei. Pemimpin Kim Jong Un diperkirakan akan menggunakan kongres itu untuk menyatakan lagi klaim baru-baru ini kemajuan dalam program misil balistik dan nuklir Korea Utara, termasuk pembuatan hulu-ledak nuklir yang diperkecil supaya cocok dipasang pada misil balistik jarak-jauh.

Belum ada dari klaim ini yang sudah diperiksa kebenarannya, dan banyak pengamat telah menuduh Korea Utara membesar-besarkan kemampuan dan kecanggihan militernya. [gp]

XS
SM
MD
LG