Tautan-tautan Akses

Korut Peringati HUT Militer dengan 'Latihan Penanggulangan Kebakaran'


Warga Korea Utara memperingati HUT Militer negara itu yang ke-85, Selasa (25/4).
Warga Korea Utara memperingati HUT Militer negara itu yang ke-85, Selasa (25/4).

Korea Utara merayakan ulang tahun ke-85 berdirinya militer negara itu hari Selasa (25/4) dengan sebuah “latihan penanggulangan kebakaran besar-besaran” di Wonsan, kota pelabuhan di pantai timur, menurut kementerian pertahanan Korea Selatan.

Para pengamat memperkirakan negara yang oleh sebagian kalangan dianggap bersenjata nuklir tersebut merayakan ulang tahun tersebut dengan uji coba nuklir keenam atau peluncuran rudal, meskipun keduanya tidak terjadi pada malam hari.

Perayaan tersebut terjadi pada hari yang sama ketika kapal selam bertenaga nuklir Amerika, USS Michigan, tiba di Korea Selatan, dan angkatan laut kedua negara bergabung dengan Jepang untuk melakukan latihan militer di perairan sebelah barat semenanjung Korea.

Latihan angkatan laut bersama itu dijadwalkan berlangsung hingga Rabu (26/4), pada hari yang sama ketika Presiden Amerika Donald Trump telah mengundang seluruh senator Amerika yang berjumlah 100 ke Gedung Putih untuk memperoleh keterangan rahasia, terutama menyangkut Korea Utara. [lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG