Tautan-tautan Akses

Korea Utara Perbaiki Lokasi Peluncuran Rudal


Foto udara Stasiun Peluncuran Satelit dan rudal "Sohae" di Tongchang-ri, Korea Utara (foto: dok).

Foto udara Stasiun Peluncuran Satelit dan rudal "Sohae" di Tongchang-ri, Korea Utara (foto: dok).

Perombakan Stasiun Peluncuran Satelit Sohae itu diduga untuk mengakomodasi roket dengan kapasitas yang lebih besar.

Sebuah organisasi riset yang berbasis di Washington mengatakan Korea Utara telah menyelesaikan perbaikan besar lokasi peluncuran roket utamanya.

Lembaga Amerika-Korea mengatakan perombakan Stasiun Peluncuran Satelit Sohae itu kemungkinan dimaksudkan untuk mengakomodasi roket yang lebih besar.

Temuan itu didasarkan pada foto-foto satelit komersial dan diterbitkan dalam website 38 North yang populer milik lembaga itu.

Laporan itu mengatakan tidak ada bukti dtentang akan dilakukannya peluncuran roket dalam waktu dekat, tetapi memperingatkan bahwa peluncuran bisa dilakukan sebelum akhir tahun.

Pyongyang menerima kecaman internasional pada tahun 2012 setelah mengirim satelit ke orbit menggunakan wahana peluncuran antariksa Unha-3.

Lembaga Amerika-Korea itu mengatakan Korea Utara diyakini mengembangkan roket yang jauh lebih besar, tapi penyelesaiannya bisa memerlukan beberapa tahun.

Korea Utara secara rutin mengancam akan mengobarkan perang nuklir dengan Korea Selatan, Jepang dan Amerika, tetapi bersikeras program roketnya untuk tujuan damai.

Sesuai sanksi PBB, pemerintah kominis yang terisolasi itu dilarang melakukan uji coba rudal balistik dan nuklir.

XS
SM
MD
LG