Tautan-tautan Akses

Korut Mungkin akan Segera Selesaikan Reaktor Nuklir


Dua foto satelit reaktor nuklir Korea Utara di Yongbyon yang diperkirakan akan selesai sebelum akhir tahun 2013 (foto: dok).

Dua foto satelit reaktor nuklir Korea Utara di Yongbyon yang diperkirakan akan selesai sebelum akhir tahun 2013 (foto: dok).

Institut penelitian Amerika mengatakan bahwa Korea Utara tampaknya sedang menuju penyelesaian pembangunan reaktor nuklir sebelum akhir tahun depan.

Institut Ilmu dan Teknologi Internasional yang berbasis di Washington itu mengatakan hari Selasa bahwa gambar yang diambil bulan Mei dan Juni menunjukkan menara derek dan satu kubah disamping satu bangunan yang besar diyakini sebuah bangunan reaktor.

Institut itu mengatakan pada situs internetnya bahwa pekerjaan luar yang besar pada reaktor itu dan gedung di dekatnya tampaknya sudah selesai dengan sebagain besar kegiatan di dalam bangunan reaktor itu.

Gambar-gambar tersebut juga menunjukkan pembangunan di tempat-tempat lain.

Seorang pakar yang memeriksa gambar-gambar sarana Yongbyon itu, yang diambil oleh satelit komersial, menaksir bahwa reaktor itu dapat selesai dalam paruh kedua tahun 2013.

Tetapi, insitute tadi mengatakan kemungkinan akan memakan waktu 1 hingga 2 tahun lagi untuk membuat sarana baru itu dapat mulai beroperasi.
XS
SM
MD
LG