Tautan-tautan Akses

Korut Mengaku Sukses Uji Coba Mesin Misil Balistik


Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un (kiri) mengamati hulu ledak roket usai uji coba misil Korea Utara 15 Maret lalu (foto: dok).

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un (kiri) mengamati hulu ledak roket usai uji coba misil Korea Utara 15 Maret lalu (foto: dok).

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un secara pribadi mengawasi uji coba itu yang akan memperkuat kemampuan Korut untuk melakukan serangan nuklir terhadap AS.

Media pemerintah Korea Utara melaporkan negara tertutup itu berhasil menguji coba sebuah mesin untuk misil balistik antar benua atau ICBM.

Kantor berita resmi Korea Utara (KCNA) melaporkan berita itu hari Sabtu (9/4).

KCNA mengatakan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un secara pribadi mengawasi uji coba itu yang akan memperkuat kemampuannya untuk melakukan serangan-serangan nuklir terhadap Amerika.

Korea Utara berkali-kali mengancam akan melakukan serangan nuklir terhadap Amerika dan Korea Selatan. Jika benar uji coba itu berhasil maka ini merupakan langkah maju bagi program senjata nuklir Korea Utara.

Korea Utara sudah melancarkan sejumlah uji coba senjata sejak bulan Januari dan menguji coba peluncuran misil dan tidak memperdulikan larangan terhadap uji coba semacam itu yang diberlakukan DK PBB.

Para analis Korea Selatan dan Amerika mempertanyakan klaim-klaim Korea Utara bahwa uji coba tersebut menunjukkan kemajuan penting teknologi dalam program-program misil dan nuklirnya. [my/jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG