Tautan-tautan Akses

Korut Kritik China Terkait Perselisihan Nuklir


Foto Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (kiri) dan Presiden China Xi Jinping (Foto: dok).

Kantor berita pemerintah Korea Utara telah mengeluarkan kecaman langsung yang jarang dilontarkan terhadap China, dengan mengutip komentar-komentar dari media pemerintah China dan memperingatkan bahwa China seharusnya tidak menguji batas kesabaran Korea Utara.

“China lebih baik mempertimbangkan berbagai konsekuensi serius akibat tindakan cerobohnya, memotong pilar hubungan Korea Utara-China,” demikian komentar yang dimuat KCNA hari Rabu (3/5).

Komentar itu menyebutkan seruan China agar Korea Utara meninggalkan program nuklirnya telah melampaui batas dan melanggar hak-haknya.

Surat kabar China, Global Times mengeluarkan pernyataan semacam itu hari Kamis, dengan mengemukakan Korea Utara menghadapi semacam “logika yang tidak rasional” jika berkenaan dengan program nuklirnya.

Harian itu lebih jauh menyatakan China tidak akan membiarkan daerah perbatasannya dengan Korea Utara terkontaminasi oleh aktivitas nuklir Korea Utara.

China, hari Rabu meminta sikap menahan diri dalam konflik terkait program nuklir dan misil Korea Utara, setelah Korea Utara mengeluh bahwa Amerika Serikat mendorong kawasan itu semakin mendekati perang.

Presiden China Xi Jinping, dalam percakapan teleponnya dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte, mendesak semua pihak dalam konflik itu agar menahan diri dan kembali ke meja perundingan sesegera mungkin. Demikian dilaporkan oleh radio pemerintah China. [uh/lt]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG